Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A. saat memberi paparan mengenai "Spiritrual Diwujudkan dalam Kepemimpinan"

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A memaparkan wujud spiritual dalam kepemimpinan tak cukup hanya sebatas teori saja namun yang terpenting adalah implementasinya di dunia nyata. “Pemimpin itu harus bisa menciptakan keadilan bagi rakyatnya. Keadilan itu salah satu faktor tolok ukur kemajuan bangsa,” jelasnya.

Abdul Wahid, salah satu peserta acara Dialog Spirirual Diwujudkan dalam kepemimpinan
Abdul Wahid, salah satu peserta acara Dialog Spirirual Diwujudkan dalam kepemimpinan

Menurut Tuan Guru Bajang (TGB) panggilan akrab Gubernur NTB, konsep keadilan sesungguhnya dimisbahkan langsung dari Allah SWT melalui Al Quran. Dalam setiap firmannya, segala sesuatu yang berimplementasi kepada manusia disebutkan menggunakan kata “kami”. Konsep ini menjelaskan bahwa Allah SWT selalu melibatkan ciptaannya dalam merumuskan konsep keadilan melihat situasi kondisi yang ada.

Innalillahi wa innailaihi rojiun, segala sesuatu dari Allah akan kembali kepadaNya. Seperti halnya seorang pemimpin, ketika diamanahi menjadi pemimpin hendaknya tidak terlena karena itu hanya titipan dan nantinya dikembalikan lagi kepada Allah SWT,” tambahnya.

Hendaknya kalimat innalillahi wa innailaihi rojiun yang dilontarkan seorang pemimpin yang baru saja dilantik namun di negeri ini malah dirayakan dengan pesta atau perayaan besar-besaran.

Penyerahan plakat oleh Rektor UNTDAR, Prof. Dr. Cahyo yUSUF, M.Pd. kepada Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A.
Penyerahan plakat oleh Rektor UNTDAR, Prof. Dr. Cahyo yUSUF, M.Pd. kepada Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A.

Acara dialog “Spiritual Diwijudkan dalam Kepemimpinan” yang diadakan Minggu (14/05) di Auditorium Universitas Tidar dialog bersama Gubernur NTB atau sering juga disebut Tuan Guru Bajang (TGB) dipandu oleh Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Akademik. Ratusan peserta baik dari sivitas akademika UNTIDAR dan masyarakat Kota Magelang sekitarnya hadir dalam acara ini. (DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here