Banyaknya isu gerakan radikal yang mulai masuk ke lingkup pendidikan tinggi, Universitas Tidar berencana menjalin kerjasama dengan Akademi Militer (AKMIL) Magelang dalam upaya Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Kerjasama ini bertujuan menanamkan sikap cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila serta rela berkorban untuk bangsa dan Negara.

“Pendidikan Bela Negara pada mahasiswa diharapkan melahirkan mahasiswa yang berkualitas dalam segi akademik serta loyal pada negrinya. Minimal mereka menjadi disiplin dengan etos kerja tinggi. Menurut kami, AKMIL adalah pilihan tepat dalam mewujudkan program ini,” kata Dr. Bambang Kuncoro, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Rabu (02/07).

Program Bela Negara direncanakan akan dilaksanakan pada akhir Agustus mendatang dimana pesertanya adalah seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018. Untuk menindaklanjuti rencana ini, Rektor beserta jajaran pimpinan UNTIDAR serta pihak AKMIL Magelang akan menggelar pertemuan pada Senin (07/08).

Program Bela Negara ini juga merupakan implementasi dari Surat Nomor 2440/A.A2/TU/2017 dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi perihal Pedoman Pembinaan Kesadaran Bela Negara dalam Kegiatan Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNTIDAR juga ikut serta dalam acara Deklarasi Bela Negara para pimpinan bidang kemahasiswaan PTN/PTS se-Indonesia di Malang (29/07) lalu dimana perlunya digalakan semangat persatuan dan kesatuan serta visi untuk mengembangkan pendidikan yang berkarakter.

Seluruh calon mahasiswa baru UNTIDAR diwajibkan mengikuti acara Serah Terima Mahasiswa pada 17 Agustus 2017 bersamaan dengan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72. Selanjutnya rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau biasa disebut OTADAMA (Orientasi Tidar Muda) akan dimulai seperti pengenalan lingkungan kampus, fakultas serta Malam Inagurasi. Program Bela Negara selanjutkan akan mengikuti setelah rangkaian acara OTADAMA berakhir.

5 COMMENTS

  1. Kenapa sih harus bekerja sama dengan akmil? Saya trauma dengan yang disebut pendidikan bela Negara di Akmil yang bersifat militer

    • Ya bisa diusulkan ke bagian kemahasiswaan untuk kerjasama dengan pihak lainnya yang menurut anda lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here