Rektor Universitas Tidar resmi membuka Program Studi (Prodi) Akuntansi program sarjana sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 131/UN57/PMB/2017 tentang Perubahan Atas Keputusan Rektor Nomor 071/UN57/K/2017 tentang Daya Tampung Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Diploma Universitas Tidar Tahun Akademik 2017/2018. “Kuota yang semula 1440 dirubah menjadi 1595. Program sarjana ditambah 80 untuk S1 Akuntansi dan penambahan 75 untuk program diploma Akuntansi dan Teknik Mesin (Otomotif),” tutur Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd, Rektor UNTIDAR.

Ketua Jurusan Akuntansi, Siti Arifah, SE.Akt, M.Si, menuturkan bahwa fakultas, jurusan bahkan prodi sudah siap dengan pembukaan Prodi Akuntansi S1 seiring dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 247/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Akuntansi Program Sarjana pada Universitas Tidar di Kota Magelangin. “Dosen siap serta bahan ajar juga siap. Hanya mungkin masalah tempat, kita menyesuaikan,” jelasnya.

Saat ini dosen Akuntansi berjumlah 8 orang dan segera akan mendapat tambahan 4 dosen kembali ketika ajaran baru dimulai. Berbeda dengan prodi Akuntansi D3 yang sudah ada sebelumnya, Prodi Akuntansi S1 akan lebih memfokuskan pada teori dan analisis. “Jika pada program diploma 60% kuliah difokuskan pada praktek maka program sarjana akan lebih fokus pada analisis dan teori,” tambah Arifah.

Selain peminat yang tinggi pada jurusan di Bidang Ekonomi salah satunya Akuntansi jumlah lulusan atau sarjana jurusan ini juga sama tingginya. Disinggung soal permasalahan ini, Arifah optimis lulusan Prodi Akuntansi S1 UNTIDAR harusnya berbeda dengan lainnya. “Dilihat dari sisi visi dan misi universitas dimana kampus kita bertumpu pada riset dan kewirausahaan tentunya sarjana Akuntansi S1 UNTIDAR diharapkan unggul dalam riset serta tangguh dalam praktek karena mendapat pelatihan kewirausahaan,” jelasnya.

Pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) UNTIDAR jalur Ujian Tertulis akan dibuka pada 13-20 Juni 2017 lewat laman www.sm.untidar.ac.id terdapat 16 prodi yang ditawarkan yaitu 14 program sarjana (Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Agroteknologi, Peternakan, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPA, Ilmu Administrasi Negara, Hukum, Ilmu Komunikasi) dan 2 program diploma (Akuntansi dan Teknik Mesin/Otomotif). (DN)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here