Rektor Universitas Tidar, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd menetapkan 168 mahasiswa sebagai penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) tahun 2017. Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 130/UN57/KM/2017. “Kuota beasiswa tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 33 orang, tahun ini menjadi 168 orang,” tutur Rektor.

Terdapat 3 unsur penilaian yang menjadi indicator lolosnya mahasiswa menerima beasiswa tersebut adalah dilihat dari nilai IPK, prestasi non-akademik dan juga dari segi ekonomi. Tahun ini terdapat 506 pendaftar dari seluruh mahasiwa UNTIDAR. Dari peningkatan ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Bambang Kuncoro, M.Si. menyampaikan harapannya untuk kedepannya akan lebih banyak mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, salah satunya beasiswa PPA ini.

Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan Ibu Murti Dhamayanti, S.E.  menambahkan adanya penerimaan beasiswa ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa. “Bisa menstimulus mahasiswa untuk termotivasi dalam akademik dan juga menambah prestasi non-akademik lainnya”, jelasnya. Karena syarat dalam mendaftar penerimaan beasiswa PPA tidak hanya dilihat nilai IPK saja tetapi juga dari presatasi non akademik dan juga kondisi ekonomi.

Dari 168 penerima ternyata sudah mencakup mahasiswa semester dua. Namidia Ayu Oliviana mahasiswa semester dua  program studi ekonomi pembangunan penerima beasiswa PPA tahun ini dengan  memiliki ipk 3,93. Dia merupakan penerima beasiswa dengan IPK tertinggi merasa bersyukur karena pengajuan pertamanya ini langsung lolos seleksi. “Tidak menyangka langsung diterima sekaligus bersyukur mendapatkan beasiswa di tahun pertama”, katanya.

Ia menuturkan uang ini akan digunakan untuk pembiayaan uang kuliahnya secara mandiri, agar dapat meringankan pembiayaan orang tua dengan 3 saudara lainnya. (HDN/DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here