Guru-guru SDN Trasan 4 Bandongan mencoba mesin pencarian buku saat kunjungan ke Perpus UNTIDAR, Kamis (16/02).

SDN Trasan 4 Magelang akan mengajukan akreditasi dan salah satu unsur yang dinilai adalah sarana pembelajaran yaitu perpustakaan. Kunjungan mereka ke perpustakaan UNTIDAR, Kamis (26/02) untuk melihat bagaimana cara pengelolaan perpustakaan supaya diminati. Dalam Surat kerjasamanya pihak SDN Trasan 4 juga mengajukan pelatihan dari pihak Perpustakaan UNTIDAR.

“SDN Trasan 4 mau akreditasi dan salah satu unsur penilaiannya adalah perpustakaan, mereka main kesini untuk meninjau bagaimana cara kelola perpustakaan sekaligus kerja sama dengan kita”, jelas Ibu Dr. Sri Haryati M.Pd, selaku Kepala UPT Perpustakaan.

Akreditasi yang akan berlangsung di tahun 2017 ini membuat banyak sekolah berlomba meningkatkan kualitas SDM maupun sarana pembelajarannya agar lebih baik lagi. SD N 4 Trasan juga sedang dalam proses untuk  akreditasi, mereka melakukan kerjasama dan mengajukan pelatihan dari perpustakaan UNTIDAR untuk dibantu dibimbing agar tercipta perpustakaan yang memadai. Kondisi saat ini SD N Trasan 4 tidak memiliki ruangan perpustakaan, hanya menggunakan tiap sudut kelas sebagai ruang baca. Minat baca siswa SD N Trasan 4 sangat tinggi karena itu para guru berniat untuk membuat ruangan perpusatakaan di sekolah.

“Kami berkunjung ke perpustakaan UNTIDAR untuk kerjasama, disini perpustakaannya sudah baik dan karena salah satu unsur akreditasi kami termasuk perpustakaan makanya kami melakukan kerjasama agar dapat dibantu dibimbing dan mengelola perpusatakaan kami kelak dengan benar”, jelas Ibu Nanik Esti Wahyuni, S.Pd selalu Kepala Sekolah SD N Trasan 4 Magelang.

Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Sri Haryati, M.Pd. memberikan kenangang2an Kepala Sekolah SDN Trasan 4 Bandongan.
Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Sri Haryati, M.Pd. memberikan kenangang2an Kepala Sekolah SDN Trasan 4 Bandongan.

Kepala dan staff perpusatakaan UNTIDAR menyambut baik para guru dan memberikan sedikit gambaran mengenai proses tercapainya kualitas perpustakaan UNTIDAR hingga saat ini. Menurut Ibu Sri Haryati yang paling akan adanya suatu perpustakaan adalah fisiknya baik ruangan maupun buku. “Kalau sudah ada bukunya nanti ruangan dapat berdiri karena buku butuh tempat dan itu akan membuat pembaca lebih terfasilitasi”, katanya.

Adanya kerjasama ini bukan hanya menjadi kebanggan karena kita dipercaya tetapi juga menajdi pekerjaan kita karena nantinya akan semakin banyak yang paham akan pentingnya perpustakaan untuk meningkatkan minat baca seseorang. “Kedepannya ini jadi tugas kami untuk membantu SD N Trasan 4 untuk kemajuan perpustakaanya dan jadi metode belajar kami lagi agar lebih banyak memahami pembaca dengan menciptakan suasana baca yang kondusif”, tambahnya. (HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here