UPT Perpustakaan Universitas Tidar resmi menambah jam pelayanan hingga pukul 18.00 WIB mulai 1 Februari 2017. Jam operasi perpustakaan yang semula dari pukul 08.00 – 16.00 WIB diperpanjang hingga pukul 18.00 WIB untuk hari Senin – Kamis. Pelayanan hari Jumat pukul 08.00 – 15.00 WIB. Selain penambahan jam pada hari regular, mulai Februari 2017, perpustakaan juga beroperasi di hari Sabtu yaitu pukul 08.00 – 12.00 WIB.

“Berdasarkan kuisoner yang kami bagi ke pengunjung perpustakaan, banyak yang mengusulkan penambahan jam pelayanan perpustakaan. Apalagi banyak mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi,” kata Dicki Agus Nugroho, S.Hum., salah satu pustakawan.

Tentunya penambahan jam pelayanan ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan sivitas akademika UNTIDAR khususnya dalam pemenuhan kebutuhan referensi dalam menyelesaikan tugas kuliah maupun skripsi. Selain menambah jam, perpustakaan juga menambah beberapa fasilitas lain.

Penambahan fasilitas perpustakaan membuat mahasiswa nyaman ketika mencari referensi tugas maupun mengerjakan skripsi.
Penambahan fasilitas perpustakaan membuat mahasiswa nyaman ketika mencari referensi tugas maupun mengerjakan skripsi.

“Kami berusaha membuat perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dengan melengkapi fasilitas seperti menambah tempat duduk dilengkapi bantal sehingga pengunjung nyaman mengerjakan tugas atau sekedar berdiskusi dengan teman-temannya,” tutur Ginanjar Kurniawan, S.IP., pustakawan UNTIDAR.

Menurutnya, lingkungan atau tempat yang nyaman merupakan “magnet” tersendiri untuk meningkatkan pengunjung dan seiring waktu juga diharapkan dapat meningkatkan peminjaman buku di perpustakaan.

Saat ini perpustakaan UNTIDAR memiliki kurang lebih 12.157 judul buku fisik serta berlanggangan 6550 e-journal dari Proquest dan 66.054 e-book dari IG-Publishing. Perpustakaan dilengkapi sarana wifi, ruang komputer serta siaran tv kabel yang bisa dimanfaatkan di sela-sela jam istirahat untuk hiburan para pengunjung perpustakaan.

“Peningkatan pelayanan dan fasilitas perpustakaan mendorong mahasiswa lebih banyak lagi menghabiskan waktu di perpus. Terutama untuk kami yang sedang mengerjakan skripsi, tambahan jam dan buka di hari Sabtu sangat membantu,” kata Bayu Setiaji Muslih, mahasiswa teknik sipil semester 6, yang sedang menyusun proposal skripsi. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here