Diskusi Reformasi Birokrasi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTIDAR rabu (26/07) lalu diikuti oleh Dosen serta mahasiswa FISIP UNTIDAR .

Diskusi Reformasi Birokrasi FISIP UNTIDAR
Diskusi Reformasi Birokrasi FISIP UNTIDAR

Ibu Dra.Eny Boedi Orbawati, M.Si sebagai moderator diskusi menyampaikan tujuan acara tersebut menjadi metode belajar dan menambah wawasan mengenai kondisi sebenarnya reformasi birokrasi yang terjadi di kota Magelang. “Selain belajar mengenai kondisi reformasi birokrasi di kota magelang kita juga memperoleh wawasan penataan kelembagaan dalam suatu badan”, jelasnya.

Dengan mengundang Sekretaris Daerah Kota Magelang yaitu Bapak Drs.Sugiharto, acara ini diharapkan dapat membuka wawasan baru pada rekan-rekan yang hadir untuk lebih paham maksud dari reformasi birokrasi. Beliau menceritakan bagaimana proses reformasi birokrasi yang terjadi di dalam pemerintahan kota Magelang.

Dalam kesempatan ini beliau yang merupakan pejabat birokrasi tertinggi yang ada di kota Magelang menyampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan dalam proses birokrasi diantaranya mengerti bagaimana pelayanan publik yang diinginkan masyarakat karena penilaian masyarakat  dapat dijadikan ukuran. Seperti maksud reformasi birokrasi yang merupakan upaya suatu pemerintahan dalam melakukan pembaharuan dengan menyangkut lembaga, tata laksananya maupun dari sumber daya manusianya. “Tanggapan masyarakat secara langsung menjadi suatu ukuran bagi pelayanan birokrat sudah prima ataukah belum”, katanya.

Drs.Sugiharto memberikan pemaparan reformasi birokrasi Kota Magelang
Drs.Sugiharto memberikan pemaparan reformasi birokrasi Kota Magelang

Menjadi pertimbangan juga apakah sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki sudah efisien sesuai tugasnya. Dalam hal ini, pemerintah Kota Magelang mejadikan sikap disiplin sebagai indikator penilaian karir pegawai dan kinerjanya bagi pemerintah. “Seluruh pegawai dinilai kinerjanya, dimulai dengan kedisiplinanya hadir di kantor tepat waktu”, jelasnya. Menjadi lengkap dengan terpenuhinya administrasi serta tidak adanya konflik di dalam.

Dalam kurikulum Jurusan Administrasi Negara terdapat  mata kuliah Reformasi Administrasi Negara dan Birokrasi Indonesia, karenanya untuk memperdalam teori yg didapatkan di kampus maka diadakan acara ini untuk mengetahui bagaimana praktek implementasi reformasi birokrasi yang sudah dilaksanakan di Kota Magelang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here