Prof. Dr. Komaruddin Hidayat memberikan motivasi kepada mahasiswa Bidikmisi Universitas Tidar tahun 2014, 2015 dan 2016 pada acara Pengarahan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Semangat Belajar, Selasa (29/08).

No golden is silent! Generasi muda khususnya mahasiswa jangan hanya diam tapi harus punya inisiatif dan aktif dalam setiap kegiatan. Kemampuan networking atau kemampuan bicara sangat menentukan kesuksesan anda di masa depan,” tuturnya.

Menurut Ketua Penegerian UNTIDAR ini kemampuan berbicara atau komunikasi membentuk mental masing-masing individu. Orang Jawa daerah Utara misalnya, karena perdagangan mereka sering berkomunikasi dengan orang luar jawa bahkan luar Indonesia sejak jaman dahulu. Maka itu, mereka punya pemikiran yang lebih terbuka. “Sarjana harus bisa berpikir kritis, biasakan bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain nanti akan terbentuk sikap saling menghargai,” tambahnya.

Semangat kebangsaan dan demokrasi perlu kembali disemarakkan kembali dimulai dengan generasi mudanya. Peningkatan mutu pendidikan juga menentukan masa depan generasi penerus bangsa. Isu perpecahan yang sedang melanda Indonesia bisa segera teratasi mulai dari generasi mudanya, generasi yang pandai berkomunikasi, bergaul dan saling menghargai satu dan lainnya.

Acara motivasi mahasiswa Bidikmisi ini direncanakan diselenggarakan rutin untuk terus meningkatkan semangat belajar serta berkreatifitas mahasiswa dengan mendatangkan narasumber yang telah berpengalaman dari berbagai bidang. Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat sebagai tokoh nasional yang berasal dari Pabelan, Kabupaten Magelang diharapkan dapat memberi motivasi kepada 350 mahasiswa Bidikmisi serta dosen muda UNTIDAR.

Dalam kesempatan ini, Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. mengajak mahasiswa Bidikmisi untuk ikut dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). “Sekarang total sudah 5000an mahasiswa tentunya kita bisa meningkatkan jumlah PKM kedepannya dan tidak menutup kemungkinan untuk maju sampai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) jangan mau kalah dengan universitas lainnya, terus semangat,” kata Rektor. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here