Workshop E Learning Berbasis Open Source Awali Aktivitas Hibah Model Pembelajaran Non Konvensional Berbasis TI

Tahun ini Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra UTM memperoleh Hibah Kompetisi dari Direktorat Pembelajaran dan Mahasiwa Dirjen Pendidikan Tinggi.  Aktivitas pelaksanaan hibah diawali dengan Workshop E-Learning Berbasis Open Source, dengan menghadirkan pemateri Vincent Bayu Tapa Brata (praktisi TI dari Jakarta/Pengelola TI Sekolah Citra Buana). Dalam workshop tersebut, beliau memaparkan beberapa keunggulan open source seperti Linux dan generasinya, diantaranya :

  1. Efisien karena pengguna tidak perlu membayar lisensi (yang biasanya mahal)
  2. Etika, Tepat untuk institusi perguruan tinggi untuk memakai open source daripada memakai program lain tetapi bajakan akibat mahalnya lisensi (lebih etis)
  3. Terbuka untuk perbaikan terus menerus

Open source memiliki keunggulan sebagai milik bersama. Ketika ada kelemahan bisa dishare dan ada yang mengatasinya

  1. Kemudahan
  2. Keamanan

Misalnya virus dari Microsoft tidak dapat menyerang Linux dan generasinya.  Disamping itu beberapa aplikasi HP seperti Android saat ini juga telah menggunakan aplikasi open source.  Sementara untuk aplikasi e-learning wacana akan digunakan Moodle yang memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap untuk e-learning

Ketua Hibah Dra Mursia Ekawati, M.Hum mengatakan workshop ini sangatlah penting untuk dilaksanakan, mengingat open source saat ini belum banyak diketahui kemudahan dan manfaatnya oleh kalangan akademisi. Workshop ini diikuti oleh Dosen dari prodi Teknik, FKIP, dan Ekonomi. Juga mahasiswa UTM dan Mahasiswa STMIK Bina Patria.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY