MAGELANG – Universitas Tidar meluluskan 117 wisudawan/wisudawati pada Sabtu (08/10) bertempat di auditorium UNTIDAR. Wisudawan angkatan ke-6 setelah UNTIDAR menyandang status sebagai perguruan tinggi negeri ini terdiri dari 149 sarjana dan 28 ahli madya.

“Semoga saudara sekalian mampu mengisi kehidupan dengan ilmu, ketrampilan, dan sikap yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di UNTIDAR sekaligus berkompetisi dalam kesempatan kerja dan atau membuka lapangan kerja,” kata Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.

Pada sambutannya kali ini, Rektor menegaskan kembali bahwa lulusan UNTIDAR harus berani keluar dari zona aman. Pasca lulus masih banyak alumni yang hanya fokus untuk mendapat pekerjaan sebagai pegawai atau PNS. Padahal kesempatan untuk sukses menjadi pengusaha masih terbuka lebar.

Pada wisuda periode Oktober 2016 ini sebanyak 14 mahasiswa mendapat predikat cumlaude (pujian). Panyandang IPK tertinggi tingkat universitas program sarjana diraih oleh Anggi Ayu Risanti dengan IPK 3,82 dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Indah Ayu Astuti dengan IPK 3,83 dari program diploma, program studi Akuntansi.

Penghargaan diberikan kepada wisudawan terbaik tingkat universitas, terbaik tiap prodi, pujian (cumlaude) serta wisudawan wirausaha. Penghargaan-penghargaan ini diberikan oleh BNI, BRI dan BPD Jateng Cabang Magelang serta penghargaan khusus dari Rektor. Penghargaan wisudawan wirausaha kali ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada wisudawan yang memiliki usaha sendiri. “Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan contoh bagi wisudawan lainnya,” tambah Rektor.

Penghargaan wirausahawan diberikan kepada 9 mahasiswa yaitu Budi Hasan Waskito, Cahyo Indro Saputro, Dewi Pahlewi Nuswantari, Ima Nur Hapsari, Mistamiroh, Nur Fitri Septaningrum, Nurul Amalina, Propa Hutama, dan Wahid Nurman Nudin. Jenis usaha pun bervariasi mulai dari konfeksi kaos, budidaya ikan, wedding organizer, distributor makanan ringan, dll.

Rektor UNTIDAR (kiri) menyerahkan penghargaan Wisudawan Wirausaha kepada Propa Hutama.
Rektor UNTIDAR (kiri) menyerahkan penghargaan Wisudawan Wirausaha kepada Propa Hutama.

Sambutan wakil wisudawan disampaikan oleh Propa Hutama, wisudawan program sarjana, program sarjana, program studi teknik mesin, fakultas teknik. “Kesuksesan ini tidaklah semata-mata berasal dari perjuangan kami (wisudawan) semata tapi juga berasal dari jasa, bantuan, bimbingan dan kesabaran Bapak dan Ibu dosen, karyawan, serta segenap Civitas Akademika UNTIDAR,” tutur Propa.

Pada kesempatan ini, Rektor juga menyampaikan perkembangan UNTIDAR terutama perkembangan pembangunan kampus. Saat ini UNTIDAR sedang menyelesaikan pembangunan 2 gedung Fakultas Teknik yang diprediksi akhir tahun 2016 ini dapat segera digunakan untuk mendukung proses perkuliahan. Pada tahun 2017 direncanakan akan memulai pembangunan kampus FKIP di Giri Wetan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Selain di wilayah Kabupaten Magelang, UNTIDAR juga berencana membangun kampus di wilayah Wonosobo. (DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY