MAGELANG – Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Senin (02/05/2016), civitas cademica Universitas Tidar mengikuti upacara bendera di halaman Fakutas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP). Resimen Mahasiswa (Menwa) Macan Tidar mendapat mandat menjadi petugas upacara dibantu paduan suara Grandio Sonora.

“HARDIKNAS bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hadjar Dwantara namun sebagai ajang refleksi upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi yang telah dan sedang kita lakukan,” kata Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd saat membacakan sambutan dari Mohamad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Peringatan HARDIKNAS kali ini mengangkat tema “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”. Tema tersebut merupakan seruan bagi seluruh kalangan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi untuk melakukan reformasi pendidikan tinggi sebagai mana telah dimulai Bapak Pendidikan kita dahulu, Ki Hadjar Dewantara. Perlunya reformasi pendidikan ke arah yang inovatif dan kompetitif guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi tantangan skala lokal, nasional dan global.

“Reformasi pendidikan tidak mungkin dijalankan oleh Pemerintah saja, atau satu pihak saja,” tambah Prof. Cahyo. Jumlah perguruan tinggi yang mencapai 4438, mahasiswa yang berjumlah lebih dari 7 juta dan dosen yang berjumlah sekitar 300.000 diharapkan dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam proses reformasi pendidikan ini.

Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional, semoga jasa para pahlawan pendidikan terdahulu bukan sekedar untuk dikenang tetapi menjadi acuan dalam setiap upaya peningkatan pendidikan nantinya.

UPACARA HARDIKNAS, BUKAN SEKEDAR RITUAL MENGENANG KI HADJAR DEWANTARA 2

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY