MAGELANG – Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Universitas Tidar mempersiapkan 2853 kursi peserta ujian. Seperti halnya tahun lalu, pelaksanaan ujian tidak hanya berlokasi di kampus UNTIDAR saja tapi tersebar di beberapa tempat di Kota Magelang.

“Lokasi tempat ujian meliputi Kampus UNTIDAR, SMA N 1, SMA N 2, SMA N 3, SMA N 4 dan SMA N 5 Magelang,” jelas Dr. Farikah, M.Pd pada final checking SBMPTN UNTIDAR, Senin (23/05/2016).

SBMPTN sendiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT) atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian ketrampilan calon mahasiswa.

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 yaitu kelompok ujian sains dan teknologi (saintek), kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) dan kelompok ujian campuran. Kelompok ujian saintek berlokasi di SMA N 1 dan SMA N 4 Magelang. Kelompok ujian soshum berlokasi di SMA N 2, SMA N 3 dan SMA N 5 Magelang. Sedangkan kampus UNTIDAR di Jalan Kapten Suparman 39 Potrobangsan akan digunakan untuk kelompok ujian campuran dan saintek.

Total 2853 peserta ujian di sub panitia lokal (panlok) Magelang terbagi dalam kelompok ujian saintek sebanyak 1201, kelompok soshum 1425 peserta dan campuran 227 peserta. Sub panlok Magelang yang diselenggarakan oleh UNTIDAR merupakan bagian dari panlok 42 Semarang, Jawa Tengah.

“Belajar dari pengalaman tahun lalu, penyelenggaraan ujian SBMPTN tahun ini harus lebih baik lagi,” tutur Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.

Menurutnya, kekurangan-kekurangan tahun lalu seharusnya bisa disempurnakan tahun ini. Koordinator masing-masing bagian dituntut aktif berkoordinasi baik dengan ketua panita maupun koordinator lainnya. Menjelang ujian SBMPTN pada 31 Mei 2016 mendatang, kegiatan sosialisasi/coaching pengawas sub panlok Magelang akan dilaksanakan pada tanggal 24-26 Mei 2016.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY