Universitas Tidar menyelenggarakan workshop kurikulum pada Sabtu-Minggu, 5-6 Maret 2016 di Kaliurang, Yogyakarta. Workhop ini diselenggarakan untuk memutakhirkan kurikulum dan menyesuaikannya dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada masa kini. Peserta workshop meliputi bidang akademik, ketua jurusan, sekretaris jurusan, koordinator bidang studi serta dosen.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Kurikulum disusun berbasis kompetensi dengan mengikuti perkembangan paradigma dan pendekatan pendidikan. Kurikulum merupakan sistem yang berdiri sendiri dan merupakan jembatan antara sektor pendidikan dan pelatihan untuk memebentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan bersertifikat melalui skema pendidikan formal, non formal, informal, pelatihan kerja atau pengalaman kerja.

Mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, kurikulum yang diterapkan pada saat ini yaitu kurikulum 2012 perlu dilakukan peninjauan kembali. “Dengan adanya peraturan perundang-undangan yang baru, maka kurikulum 2012 perlu disesuaikan dan dikembangkan lagi,” tutur Dr. Farikah, M.Pd selaku koordinator acara workshop. Rektor Untidar, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd yang juga menjadi salah satu narasumber menuturkan mengenai kebijakan kurikulum Untidar yang harus mampu mencakup nilai-nilai dari institusi yaitu Untidar itu sendiri, regional yaitu Kota Magelang khususnya, nasional, serta internasional.

Beberapa narasumber workshop kurikulum Untidar yaitu Prof. Dr. H. Djohar, M.S (UIN Sunan Kalijogo, Yogyakarta), Dr. Istiningsih (UIN Sunan Kalijogo, Yogyakarta), dan Agung Rokhimawan, M.Pd (UIN Sunan Kalijogo, Yogyakarta) sekaligus menjadi tim pengembangan kurikulum pada tahap awal yang memberikan materi seputar landasan filosofis, penyusunan kurikulum, serta pendampingan penyusunan kurikulum. Kurikulum tahun 2016 diperkirakan selesai bulan Juli 2016 dan segera diterapkan pada mahasiswa tahun ajaran baru.

DSC_0085

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY