UNTIDAR MELAUNCHING KEGIATAN IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN

Universitas Tidar dengan Pola Ilmiah Pokok Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Perdesaan senantiasa menggiatkan berbagai kegiatan Kewirausahaan di Kampus Untidar. Universitas Tidar (UNTIDAR) mulai merintis budaya kewirausahaan bagi mahasiswa melalui program-program kewirausahaan yang diselenggarakan oleh DP2M salah satunya adalah program IPTEK bagi Kewirausahaan (IbK). 

Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) merupakan program baru di DP2M Dikti yang dirumuskan pada tahun 2009. Pada prinsipnya program IbK mensubstitusi program sejenis sebelumnya, yaitu Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PBKPT), yang dirumuskan dan direalisasikan sejak tahun 1997.Program kewirausahaan ini menjadi salah satu kegiatan pendukung untuk mata kuliah Kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib dalam Kurikulum di Universitas Tidar. 

Pengelolaan program Iptek bagi Kewirausahaan (IbK) di Universitas Tidar di bawah UPT Kewirausaan dan Pengembangan Perdesaan yang diketuai oleh Drs. Sri Bondan, M.Si.

IbK merupakan skema Program Hibah Bersaing yang bersifat multi years dengan dana maksimal Rp 100.000,-. Tahun ini Untidar berhasil mendapatkan hibah dengan nilai maksimal yaitu Rp 100.000.000,- dari Dirjen DIKTI dan Rp 20.000.000,- dana pendampingan dari Untidar. Pelaksanaan Program IbK di kampus Untidar target pokoknya adalah menghasilkan lima orang lulusan yang siap berwirausaha per tahunnya dan 80 % peserta IbK yang berjumlah minimal 20 mahasiswa per ketua, menjadi wirausaha baru. Program IbK yang dilaksanakan tahun 2015 ini merupakan usulan tahun 2014 yang telah dinyatakan lolos oleh DIKTI. Adapun Program IbK terdiri dari Pendaftaran dan Seleksi, Pelatihan/Pemagangan dan Praktik Usaha Mandiri.

Penanggung jawab IbK UNTIDAR adalah Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. Beliau adalah penggagas dan motivator Kewirausahaan.  Jiwa dan semangat Kewirausahaan yang kental melekat sejak menjadi mahasiswa Unesa, diimplementasikan dalam bentuk Penyelenggaraan Kewirausahaan di UNTIDAR dan dimasukkan dalam kurikulum yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Ketua IbK adalah Drs. Sri Bondan, M.Si, Lektor Kepala pada Fakultas Ekonomi UNTIDAR. Kepala Pusat PIP, Ketua Koperasi Serba Guna UTM (1982 – 1996), Ketua Koperasi Utama desa Banyuadem Kec. Srumbung dan pengajar pada Pesantren Enterpreuneur, Tegalrejo, Magelang serta Dosen Kewirausahaan di UNTIDAR. Adapun anggotanya adalah Nani Mulyaningsih, S.T., M.Eng Lektor pada Fakultas Teknik Untidar. Pengajar di Prodi Teknik Mesin Untidar dan dosen Kewirausahaan Untidar serta Siti Nurul Iftitah, S.P., M.PAnggota tim IbK. Asisten Ahli pada Fakultas Pertanian Untidar dan dosen Kewirausahaan Untidar

Adapun tim pendukungnya adalah Muhamad Wahyudi, S.Pd., M.Si, asisten ahli pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Untidar. Berpengalaman sebagai pendamping Unit Usaha Kecil dan Menengah, Ir. Agus Dwi Sat Agus Yuwono, M.T.Pemilik CV yang bergerak di bidang Konstruksi Bangunan.  Menjabat Plt. WakilRektor III Universitas Tidar Magelang. Dosen Teknik Sipil pada Fakultas Teknik Untidar, Adang Legowo, S.T.Tenaga inti pada Pesantren Enterpreuner. Usaha yang diri ntis adalah Kursus Bahasa Inggris SPEC di Desa Bahasa Borobudur. Alumni Fakultas Teknik Untidar, Yoto Prasojo Ketua Majelis Pertimbangan Kadin Kab. Magelang. Mantan Kabag Teknis PN Blabak – Magelang. Menekuni usaha Rekayasa Pembuatan Mesin. Menjadi Konsultan Pengembangan Konstruksi di beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di Jawa Tengah maupun DIY, Ir. Setyo Utomo, M.P.

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Mercubuana Jogyakarta dan Ir. Nur Rasmiyati, M.P.Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Mercubuana Jogyakarta

Di tahun 2015 ini peserta IbK terdiri dari 15 kelompok yaitu Kelompok Usaha Kerajinan "Kaos Sablon", Kelompok "Tabulampot", Kelompok "Penjualan Baju Online", Kelompok "Pembesaran Lele", Kelompok "Pemijahan Lele", Kelompok Usaha "Kue Copan", Kelompok Usaha "Rengginang", Kelompok Usaha "Koperasi Mahasiswa Wirausaha UNTIDAR", Kelompok Usaha "Cake Pisang", Kelompok Usaha "Kue Coklat", Kelompok Usaha "Bimbel", Kelompok Usaha "Perikanan Ikan Sidad", Kelompok Usaha "Kripik Pencok", Kelompok Usaha " Budidaya Jamur Tiram" dan Kelompok Usaha "Kedai Cemara". Untuk mendukung kegiatan IbK, Jumat 22 Mei 2015 Tim IBK melaunching WEB IBK yang kedepan akan menjadi media promosi dan publikasi kegiatan ini.

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY