Si Pintor, Mesin pemipih melinjo dengan metode roll, salah satu PKMT UNTIDAR 2016.

MAGELANG – Sejumlah 31 tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev), Selasa-Rabu (28-29/06) di ruang Multimedia Universitas Tidar. Peserta Monev kali ini tidak hanya berasal dari UNTIDAR namun juga dari 2 perguruan tinggi lainnya yaitu Universitas Muhamadiyah Magelang dan Universitas Ciputra Surabaya.

Monev PKM yang didanai tahun 2016 ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Kota Magelang dan UNTIDAR diberikan kepercayaan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dirjen Dikti) menjadi tuan rumah. Dalam sambutannya, Rektor UNTIDAR Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. berharap ide kreaif mahasiswa tidak berakhir bersamaan dengan berakhirnya program PKM akhir tahun ini.

 “Semoga PKM ini terus dijalankan dan tidak berhenti begitu saja saat program ini selesai,” tutur Prof. Cahyo.

Masing-masing peserta diberi kesempatan untuk melaporkan sejauh mana perkembangan PKM mereka. Selain bertujuan memberikan penilaian, presentasi peserta juga menentukan seberapa besar kemungkinan mereka akan lolos maju ke PIMNAS. Tri Murtini, M.Pd, reviewer PKM DIKTI yang didampingi Yoga Aditia Ragil, S.Pd mengapresiasi seluruh kerjakeras para peserta PKM sampai di tahap Monev ini.

“Adanya mitra usaha memiliki peran penting untuk mendukung PKM,” kata Tri.

Menurutnya, mayoritas kendala yang dialami peserta yaitu belum tercapainya Break Event Point (BEP), belum selesainya mesin atau prototype serta belum maksimalnya peran masyarakat dalam program PKM. “Mereka harus bergegas hingga akhir Juli nanti dalam menyelesaikan hingga meng-upload laporan PKM atau konsekuensinya harus mengembalikan dana yang telah diberikan,” tambah Tri. Sesuai panduan PKM tahun 2016, peserta PKM yang tidak bisa menyelesaikan laporan hingga Juli 2016 harus mengembalikan dana yang sudah diberikan oleh DIKTI.

Tim PKMK La Segar, Lukisan dari serbuk gergaji saat mempresentasikan perkembangan PKM mereka di depan tim Monev PKM Dikti.
Tim PKMK La Segar, Lukisan dari serbuk gergaji saat mempresentasikan perkembangan PKM mereka di depan tim Monev PKM Dikti.

Peserta Monev PKM terdiri dari 31 tim yang terdiri dari 15 tim dari UNTIDAR, 15 tim dari UM Magelang dan 1 tim dari Universitas Ciputra Surabaya. Presentasi dilaksanakan dalam 2 hari, hari pertama 18 tim dan hari kedua 13 tim.

Sebanyak 15 PKM UNTIDAR mengikuti monev ini terdiri dari 9 Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), 3 Program Kreatifitas Pengabdian Masyarakat (PKMM) dan 3 Program Kreatifitas Mahasiswa Teknologi (PKMT). “Semoga peserta Monev PKM kali ini lolos menuju Pimnas,” kata Dr. Bambang Kuncoro, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni pada saat penutupan acara. (NV/DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY