UNTIDAR ADAKAN WORKSHOP PENULISAN BUKU TEKS DAN BUKU AJAR

Kamis 30 April 2015 Workshop PenulisanBuku Ajar danBuku Text, serta Pemenangan Hibah diadakan di auditorium Untidar. Acara ini dihadiri oleh Dosen Universitas Tidar dari semua program studi.

 

Workshop dibuka oleh Rektor Untidar Prof.Dr.Cahyo Yusuf, M.Pd. "Setiap dosen memiliki kewajiban utama mengajar. Mengajar bias dengan metode ceramah maupun metode-metode yang lain. Nah itulah yang bisa dituangkan dalam bentuk buku ajar. Karena itu diharapkan apapun yang akan diajarkan di kelas ditulis terlebih dahulu, sehingga tulisan tulisan itu nantinya bias dikompilasi, diformula, didokumentasikan menjadi buku ajar. Dosen setelah menempuh pendidikan S1, S2 dan S3 tentu memiliki kekayaan intelektual yang tinggi.  Banyak gagasan dan pikirankritis. Sudah waktunya dituangkan menjadibuku text" kata Cahyo. Memulai menulis buku, yang harus dilakukan pertama adalah merangkai ilmu pengetahuan atas dasar urutan standard kompetensi dan kompetensi dasar. Ketika itu dilakukan karya akan menjadi buku ajar, dan jika menulis sesuai logika keilmuan akan menjadi buku teks". tambahProf.Cahyo. 

 

Workshop Penulisan Buku Ajar dan Buku Text Serta Pemenangan Hibah, menghadirkan pemateri Prof. Ali Saukah Ph.D. sertaProf.Dr.Cahyo Yusuf, Mpd.

Prof Ali Saukah adalah Guru Besar Pendidikan BahasaInggris di Universitas Negeri Malang. Prof. Ali Saukah memberikan tips mengenai cara untuk memenangkan hibah penulisan buku ajar dan buku text. Setiap tahun sekitar 100 karya bukuakan dipilih oleh Dikti sebagai pemenang hibah sebesar 22 juta. Meski demikian yang terpenting adalah bukan memenangkan hibah dan mendapatkan royalty. Lebih dari itu bias menjadi bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui buku adalah kepuasan batin yang tidak terkira. Prof. Ali Saukah adalah penulis buku text Bahasa Inggris yang di tahun 1994, bukunyadipakai di seluruh Indonesia. Suatu kebanggaan tersendiri ketika bertemu siswa yang mengapresiasi buku tersebut. Prof. Ali memotivasi para dosen agar memanfaatkan kesempatan untuk memenangkan hibah penulisan buku text. Buku bias karya sendiri atau tim. Bukan hasil terjemahan, bukans aduran atau kompilasi dari berbagai sumber dan bebas dari plagiarism

 

Dalam paparannya Prof Cahyo menjelaskan mengenai penulisanBuku Ajar dan Buku Text. Buku Ajar dan Buku Text adalah BukuPegangan Suatu Mata Kuliah yang ditulis oleh pakar  yang diterbitkan secararesmi dan disebarkan kepada peserta mata kuliah. Pengalaman ketika memberikan kuliah bias dituangkan dalam buku ajar. Buku text adalah buku yang substansinya mengenai suatu bidang. Embrionya adalah dari hasil penelitian. Buku akan menjadi hebat apabila buku yang ditulis baik buku teks maupun buku ajar secara induktif. Tidak dimulai dari teori tapi memberikan pemahaman terlebih dahulu. Acara yang dimulai pukul 10.00 ini berakhir pukul 16.00

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY