UNTIDAR ADAKAN BAKTI SOSIAL DALAM RANGKA PEMANFAATAN LAHAN PERTANIAN DAN PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA GUNA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KEBONSARI KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang merupakan desa yang cukup berkembang. Tetapi perkembangan desa ini terhambat karena berbagai hal diantaranya karena perekonomian desa ini hanya bertumpu pada hasil-hasil pertanian tadah hujan dan pekarangan/perkebunan. Beberapa petani yang targabung dalam Gapoktan (gabungan kelompok tani) dalam perjalanannya masih terdapat beberapa kendala, baik yang berasal dari keterbatasan sumber daya maupun keadaan alam. Salah satu diantaranya adalah keterbatasan pasokan air ke lahan persawahan yang ada. Permasalahan lain adalah Kelompok Usaha Bersama Bambu Carangan yang menaungi sekitar 93 orang pengrajin di desa Kebonsari masih dijalankan dengan manajemen yang masih seadanya dikarenakan keterbatasan sumberdaya manusia yang terampil. Sementara itu pemuda pemudi Karang Taruna Desa Kebonsari dalam perjalanannya beberapa tahun belakangan sedang dalam kondisi pasif. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan dan semangat para pemuda dalam mencapai tujuan organisasi. Keberadaan karang taruna kurang dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan selanjutnya akan diarahkan untuk mengurangi kendala yang dihadapi oleh masyarakat Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bentuk pemberian penyuluhan dan pendampingan sesuai dengan masyarakat sasaran, yakni gapoktan, pengrajin bambu, dan para pemuda Desa Kebonsari melalui upaya pemberdayaan karang taruna. "Dari kegiatan ini diharapkan akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta manajemen usaha di Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat" jelas Siti Arifah, S.E.,Akt.,M.Si selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Kegiatan pengabdian diawali dengan survei kondisi lapangan di lingkungan Desa Kebonsari untuk memperoleh gambaran mengenai potensi dan permasalahan yang dihadapi, serta menggali aspirasi dari berbagai pihak terkait guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Sesudahnya diadakan berbagai kegiatan seperti penyuluhan dan diskusi mengenai berbagai permasalahan yaitu pemanfaatan lahan sawah dan lahan pekarangan, menajemen usaha, pemberdayaan karang taruna dan penyuluhan peran karang taruna untuk meningkatkan minat belajar anak usia SD. Juga diadakan berbagai pelatihan dengan cara mempraktekkan secara langsung tentang penanganan hama tanaman padi, pemeliharaan tanaman tumpangsari yang ada, penanaman dan pemeliharaan tanaman obat-obatan di lahan pekarangan, serta pelatihan membuat alat guna menambah pasokan air ke lahan persawahan. Selain itu dilaksanakan pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran online dengan cara memberikan contoh bagaimana cara melakukan pembukuan usaha dan penghitungan laba/rugi dalam perkembangan usaha, serta memberikan pelatihan bagaimana cara membuat blog blog beserta model tampilannya sebagai sarana pemasaran online. Pelatihan lainnya adalah penyusunan program kerja dilaksanakan dengan memberikan contoh tentang berbagai program kerja yang dapat dijadikan alternatif pilihan dan dapat dilaksanakan oleh karang taruna dalam rangka meningkatkan perekonomian Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang dan Pelatihan menumbuhkan minat belajar anak dilaksanakan dengan mengumpulkan anak-anak kemudian personel dari tim pengabdian Untidar memberikan contoh dalam rangka pendampingan belajar anak-anak. Kegiatan pendampingan dilaksanakan sebanyak 2 kali oleh masing-masing nara sumber dalam jangka waktu 2 bulan yakni bulan Oktober sampai dengan Desember 2015. Di akhir kegiatan tim pengabdian masyarakat Untidar juga memberikan pompa air kepada warga Kebonsari.

Evaluasi kegiatan dilaksanakan setelah keseluruhan program terlaksana. Evaluasi ini dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat sasaran, pemerintah Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, dan LPPMPMP Universitas Tidar. Hasil evaluasi kegiatan akan digunakan sebagai dasar dalam menentukan keberlanjutan program, baik kegiatan penelitian maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat lanjutan. Untuk jangka panjang diharapkan program ini dapat berkelanjutan dengan program yang lebih sistematis dan terarah, sehingga amanah pasal 27 ayat (2), pasal 33 dan 34 UUD 1945 untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat sesuai terutama masyarakat di Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang dapat tercapai.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY