UKAI Bekerjasama Dengan Takmir Masjid Mambaul Ulum Adakan MTQ Untidar 2015

UKAI Bekerjasama Dengan Takmir Masjid Mambaul Ulum Adakan MTQ Untidar 2015

    Memperingati Maulud Nabi Besar Muhammad SAW 1437 Hijriah, UKAI Bekerjasama dengan Takmir Masjid Mambaul Ulum adakan MTQ Untidar 2015. Lomba yang diadakan meliputi Tilawah, Tahfizh Juz 1 atau 30 dan Musabaqoh Makalah Ilmiah Al Quran (M2IQ) dengan tema Arti Kehidupan dalam Prespektif Al Quran. Cabang Tilawah diikuti oleh 8 orang peserta putra dan 8 peserta putri. Cabang Tahfizh diikuti oleh 3 peserta putra dan 8 peserta putri, dan cabang M2IQ  diikuti oleh 5 peserta putra dan 5 peserta putri. Peserta lomba adalah mahasiswa Untidar dari semua program studi. 

Dalam Lomba Tilawah kali ini Maqra atau materi bacaan tidak ditentukan oleh panitia melainkan pilihan sendiri. Adapun unsur-unsur yang dinilai meliputi ilmu baca (tajwid) seni ( lagu dan suara) serta adab atau etika. Untuk cabang Musabaqoh Makalah Ilmiah Alquran peserta diwajibkan untuk mengkaji atau menganalisis kandungan Al Quran dikaitkan dengan kehidupan manusia di berbagai aspek dan bukan merupakan hasil penelitian yang bersifat eksperimen. Dalam M2IQ peserta  diharuskan menulis dengan tulisan tangan bukan mesin ketik manual, komputer maupun laptop. Peserta boleh membawa Al Quran, Tafsir, Buku atau Jurnal tetapi tidak diperkenankan membawa laptop dan browsing pada saat hari H. Untuk hasil tulisan yang dinilai meliputi tata tulis dan tata bahasa, pendahuluan, kajian teori, metodologi, hasil dan pembahasan serta kesimpulan dan saran. Adapun yang dinilai saat presentasi hasil M2IQ adalah penyajian ketepatan waktu dan ketrampilan menyajikan makalah dan merespons dalam sesi tanya jawab. Untuk cabang Tahfidz Maqra sudah ditentukan oleh panitia. Adapun unsur yang dinilai meliputi ilmu baca atau tajwid, kelancaran, seni yaitu lagu dan suara serta adab etika. 

"Lomba semacam ini baru pertama kali diadakan, namun kami cukup puas karena mahasiswa Untidar responnya sangat positif. Diharapkan dengan adanya lomba semacam ini bisa memotivasi mahasiswa untuk berkompetisi secara sehat, sekaligus sebagai ajang untuk mencari bibit unggul di bidang MTQ untuk mewakili Untidar di tingkat propinsi maupun nasional" tutur Ir Hadi Riyanto, M.P., selaku pembina UKAI. 

Tim Dewan Juri yang terdiri dari Nurrofiq M. Ag, Faizal, Abdul Haris S.Ag, Heriawan S.T., Dr. Bambang Surendro, M.T, dan Agung Trihasto, M.T memutuskan para pemenang sebagai berikut

LOMBA TILAWAH 
PUTRA
Juara 1 : Andhi Rispata (FISIP)
Juara 2 : Moh Ibah Alfauzi (D3 Teknik Otomotif)

PUTRI
Juara 1 : Maryam Alvi Nur (PBSI)
Juara 2 : Zaitun Harba Azizah (S1 Ekonomi Pembangunan)

TAHFIZH
PUTRA
Juara 1 : Prastyo Tri Utomo (S1 Agroteknologi)
Juara 2 : Hamzah Miftakhul Iman (D3 Akutansi)

PUTRI
Juara 1 : Durrotun Nafisah (FKIP Bahasa Inggris)
Juara 2 : Umu Hanifah (FKIP Bahasa Inggris)

M2IQ
PUTRA
Juara 1 : Sahrul (FKIP Bahasa Indonesia)
Juara 2 : Sukroni (FKIP Bahasa Indonesia)

PUTRI
Juara 1 : Putra Anik Solekhah (FKIP Bahasa Inggris)
Juara 2 : Arizka Nurul ( FKIP Bahasa Inggris)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY