Suasana sharing kelompok PKK Desa Bandongan, Salaman di Panti Daarus Sundus, Dusun Bogowati Lor, Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (11/06/2016).

MAGELANG – Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (Himepa) UNTIDAR bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI) wilayah Jawa Bagian Tengah dan Kementrian Pengabdian, Pengembangan, dan Pemberdayaan (P3M) IMEPI Nasional menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Panti Daarus Sundus, Dusun Bogowati Lor, Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (11/06/2016).

“Ada diskusi, pelatihan membuat gelang bambu, hiburan dan buka bersama,” kata Muhammad Nur Khabib, Ketua HIMEPA.

Ibu dari kelompok PKK Bandongan, Salaman (baju biru) mengajarkan bagaimana membuat gelang dari bambu kepada anak panti (baju hijau) dan para peserta baksos lainnya.
Ibu dari kelompok PKK Bandongan, Salaman (baju biru) mengajarkan bagaimana membuat gelang dari bambu kepada anak panti (baju hijau) dan para peserta baksos lainnya.

Pelatihan pembuatan gelang Bambu ini melibatkan kelompok PKK Desa Bandongan, Salaman. Kedepannya, anak panti diharapkan dapat berwirausaha sendiri secara mandiri tidak hanya bergantung pada donatur semata. Gelang Bambu hasil pelatihan ini dapat dipasarkan disekitar lokasi Candi Borobudur. Hasil penjualan gelang dapat digunakan untuk membantu biaya operasional panti sehari-harinya.

“Tak hanya saat bakti sosial ini, kami sudah merencanakan untuk terus memantau perkembangan wirausaha anak panti dan memberi pendampingan untuk kedepannya,” tambah Khabib.

Fuzna Marzuqoh, dosen UM Magelang yang juga berprofesi sebagai motivator menyampaikan pentingnya sikap positif dalam berwirausaha, yakni adanya rasa khusyuk, ikhlas, pasrah dan syukur. Dosen Fakultas Kesehatan ini juga menyampaikan pentingnya manajemen sebagai awal kesuksesan berwirausaha.

Seusai penyampaian Fuzna, acara dilanjutkan dengan sharing bersama kelompok Ibu-ibu PKK Salaman mengenai usaha mereka membuat kerajinan salah satunya gelang bambu. Permasalahan-permasalahan baik manajemen, proses pembuatan hingga pemasaran dibahas satu persatu. Peserta baksos baik dosen maupun mahasiswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pemikirannya sebagai solusi dari permasalahan kelompok PKK tersebut.

Background ilmu kita, Ekonomi Pembangunan, kebetulan erat kaitannya dengan wirausaha dan perkembangan ekonomi diharapkan saran teman-teman dapat membantu,” tutur Khabib.

Bakti sosial kali ini dihadiri para dosen Fakultas Ekonomi Untidar, perwakilan IMEPI Jabagteng yang berasal dari UKSM, UNNES, UMY, UII dan Atmajaya Yogyakarta. Sedangkan Trisakti dan IPB sebagai perwakilan IMEPI Nasional. Program tahunan IMEPI yang sebelumnya diadakan di Semarang (UNNES) kali ini untuk pertama kalinya UNTIDAR berkesempatan menjadi tuan rumah. Selain buka bersama, hasil penggalangan dana selama 1 bulan terakhir diberikan dalam wujud bantuan alat tulis, perlengkapan ibadah serta baju pantas pakai untuk anak-anak dan pengelola panti asuhan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY