MAGELANG – Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengunjungi stand Universitas Tidar usai membuka pameran Kedu Expo 2016, Kamis (29/04) di gedung Tribakti. Tak jauh berbeda dengan stand lainnya yang mempromosikan produk khas daerahnya, UNTIDAR juga mempromosikan “produk” khasnya yaitu Tim Robotik.

Beberapa karya Tim Robotik seperti robot elang dan microcontroller hydroponic menarik perhatian Walikota Magelang yang juga alumnus Fakultas Teknik UNTIDAR ini. “Bagus, perlu ditingkatkan kembali agar nama UNTIDAR semakin dikenal khalayak luas,” kata Sigit.

Tim Robotik UNTIDAR terdiri 5 mahasiswa yaitu Bayu Seto Respati, Alfauzan S. N., Nurul Ardi, Yafi A., dan M. Cahyo A.P. Mereka merupakan mahasiswa Fakultas Teknik asuhan R. Suryoto Edy Raharjo, S.T., M.Eng. yang dilatih secara khusus untuk mengembangkan karya-karya robotik khususnya di bidang microcontroller.

TIM ROBOTIK UNTIDAR CURI PERHATIAN WALIKOTA MAGELANG1

Microcontroller hydroponic adalah satu satu karya tim robotik yang dipamerkan di Kedu Expo 2016. Alat ini merupakan bentuk aplikasi microcontroller untuk memudahkan para petani hidroponik dalam mewarawat tanamannya. Pemenuhan nutrisi tanaman hidroponik menentukan pertumbuhan tanaman itu sendiri maka penting untuk memperhatikan sistem pengairan. “Jika ditinggal keluar rumah atau bahkan keluar kota, alat ini akan membantu mengalirkan air sesuai jangka waktu yang sudah disesuaikan juga, misal 5 menit sekali, 3 menit sekali dan seterusnya sesuai kebutuhan tanaman,” tutur Ardi.

TIM ROBOTIK UNTIDAR CURI PERHATIAN WALIKOTA MAGELANG 2

Tim robotik UNTIDAR juga membuka kesempatan pelatihan robotik untuk siswa SMP, SMA dan masyarakat umum dalam Industrial Control Training. “Pelatihan akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Pelatihan basic akan diberikan bagi yang belum pernah ikut pelatihan robotik namun yang sudah pernah, kita tinggal melanjutkannya saja,” jelas Alfauzan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY