MAGELANG – Muhammad Fahrizal Lutfi salah satu peserta Seleksi Mandiri (SM) Universitas Tidar terpaksa harus mengerjakan soal ujian di ruang Cempaka nomor 6 RSUD Tidar Kota Magelang, Selasa (26/07). Lutfi harus dirawat inap semenjak Jumat (22/07) lalu akibat demam berdarah.

“Walaupun belum pulih benar, Lutfi memaksa untuk tetap mengikuti ujian ini agar dapat melanjutkan pendidikan di UNTIDAR nantinya,” tutur Sri Palupi, ibunda dari Lutfi.

Seperti halnya peserta ujian lain, Lutfi yang merupakan peserta ujian kelompok sosial humaniora (soshum) mulai mengerjakan soal pada pukul 08.00-09.30 WIB pada sesi 1 yaitu tes potensi akademik dan kemampuan bahasa. Lalu dilanjutkan mengerjakan soal tes kemampuan dasar soshum pada sesi kedua.

“Panitia SM UNTIDAR mengirimkan satu orang pengawas khusus yaitu Irkham Khakim, S.T. yang mendampingi Lutfi mengikuti ujian di rumah sakit,” kata Nuwun Priyono, S.E., M.Akt., Akt., Ketua SM UNTIDAR 2016. Tidak ada perlakuan khusus, walaupun tangan kanannya harus diinfus tapi Lutfi mengaku masih bisa memberi tanda pada LJK (lembar jawab komputer).

Peserta asal Perum Bumi Prayudan Blok M 8 Mertoyudan ini bersama ribuan peserta lainnya berjuang memperebutkan sisa 30% kuota dari total penerimaan mahasiswa baru UNTIDAR tahun 2016 sejumlah 1125 mahasiswa.

Lutfi menjatuhkan pilihan pertamanya pada prodi Ekonomi Pembangunan dan pilihan kedua pada prodi Administrasi Negara, keduanya merupakan prodi favorit pada SM UNTIDAR tahun ini. Berdasarkan data sampai pada hari terakhir pendaftaran, Kamis (21/07), tertera bahwa 258 peserta ujian memilih program studi Ekonomi Pembangunan pada pilihan pertamanya disusul diperingkat kedua Ilmu Administrasi Negara sebanyak 193 peserta dan Pendidikan Bahasa Inggris diperingkat ketiga dengan peminat 181 peserta.

5
Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc., Ph.D saat meninjau lokasi ujian di SMP N 11 Magelang.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc., Ph.D meninjau lokasi pelaksanaan ujian di SMP N 5, SMP N 11, Kampus UNTIDAR serta RSUD Tidar Magelang. “Jangan dipaksakan. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa. Semoga besok kita bertemu di UNTIDAR,” kata Prof. Ali pada saat mengunjungi Lutfi.

Total peserta SM UNTIDAR sebanyak 1375 peserta, pelaksanaan ujian dilaksanakan di 3 lokasi berbeda. Lokasi tersebut yaitu Kampus UNTIDAR Tuguran, dan SMP N 11 Magelang untuk lokasi kelompok ujian sosial humaniora (soshum) sebanyak 914 peserta sedangkan SMP N 5 Magelang untuk lokasi kelompok ujian sains teknologi (saintek) sebanyak 461 peserta.

“Jumlah peserta yang hadir dan mengikuti ujian sebanyak 1288 peserta. Secara keseluruhan berjalan lancar. Terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu khususnya kepada pihak SMP N 5 dan SMP N 11 Magelang,” tutur Prof. Ali. (DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY