MAGELANG – Berbeda dengan lomba olahraga hari jumat sebelumnya, kali ini riuh suara penonton di auditorium tidak terlalu ramai. Sesekali penonton bersorak lalu seketika hening kembali, serius mengamati sebuah papan kotak bewarna hitam putih. “Perolehan skor babak pertama pertandingan final, 1 : 0 untuk bapak Koweri,” kata Imam Baihaqi, koordinator lomba catur.

Peserta yang berhasil sampai ke babak final adalah Koweri dan Sugoro. Menurut informasi dari para penonton, keduanya memang sudah sering bermain catur dalam kesehariannya. Wasit untuk babak final adalah Rasyid Wicaksono yang bertugas mengendalikan waktu dan mengawasi permainan kedua belah pihak. Kemenangan Koweri pada babak pertama tidak menyurutkan semangat mbah Sugoro, panggilan akrabnya, untuk meneruskan pertandingan. Babak kedua hanya berlangsung sekitar 10 menit, kali ini skor dimenangkan oleh mbah Sugoro. “Wis aku kalah,” kata mbah Sugoro mengakhiri babak ketiga. Strateginya meleset jauh dari perkiraan, pion hitamnya satu persatu dilahap pion putih milik Koweri. Skor babak final berakhir dengan 2 : 1.

Pertandingan catur antar mahasiswa, dosen dan karyawan Universitas Tidar, Jumat (08/04/2016) berlangsung dengan sistem gugur. Tercatat 32 peserta yang mendaftar. Pertandingan dimulai pukul 08.30 – 12.00 WIB jika dibandingkan pertandingan olahraga yang sebelumnya sudah diadakan panitia Dies Natalis, pertandingan catur merupakan pertandingan dengan waktu pelaksanaan tercepat.

Panitia menyedikan 6 meja pertandingan untuk babak penyisihan. Rata-rata pertandingan penyisihan hanya berlangsung sekitar 10-15 menit. Sedangkan untuk pertandingan final waktu yang diperlukan lebih lama sekitar 20-30 menit dikarenakan terdiri dari 3 babak pertandingan. Lomba Catur Dies Natalis ke-2 UNTIDAR berikut daftar pemenangnya adalah Juara pertama, Koweri;       Juara kedua, Sugoro dan juara ketiga, Muhammad Saiful Bahri.

Walaupun kadang dianggap sepele, catur terbukti dapat meningkatkan kecerdasan seseorang  bahkan sangat dianjurkan untuk melawan penyakit alzheimer. Para pemain catur yang bermain strategi dengan pikirannya terlatih untuk selalu meningkatkan fungsi memori otaknya dan mampu memecahkan masalah yang kompleks.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY