Universitas Tidar Magelang (UTM) menandatangani perjanjian kerja sama di bidang pengembangan kompetensi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kerja sama juga dicanangkan guna menjalin hubungan kelembagaan dalam melaksanakan fungsi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor UTM Prof Dr Cahyo Yusuf MPd dengan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Rabu (16/10) di Rektorat kampus Sekaran.

“Nota kesepahaman ini jadi bagian persiapan UTM untuk mempersiapkan perubahan status UTM dari perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri,” kata Rektor UTM Prof Dr Cahyo Yusuf MPd.

Prof Cahyo Yusuf juga mengemukakan, UTM perlu banyak belajar kepada Unnes dalam pengelolaan keuangan perguuruan tinggi karena sistem pengelolaan keuangan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat berbeda sehingga perlu melakukan banyak penyesuaian.

Menurutnya, pengelolaan keuangan universitas swasta itu berbeda dengan pengelolaannya di negeri yakni jika di swasta dikelola secara mandiri, adapun keuangan universitas negeri bersumber pada keuangan negara. Proses pencairan dan pertanggungjawaban dua skema ini pun berbeda pula.

Dia menambahkan, selama empat tahun terakhir proses penegerian UTM mengalami kemajuan yang cukup berarti. Antara lain telah memperoleh lahan 15 hektare dari 25 hektare yang disyaratkan Dirjen Dikti. Selain lahan di kampus Magelang, Prof Cahyo Yusuf juga menjelaskan telah mendapat lahan di Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, di mana UTM bersinergi dengan pemerintah kabupaten.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengungkapkan dukungannya agar UTM segera menjadi universitas negeri. Pihaknya siap membantu UTM dalam proses penegerian maupun dalam proses adaptasi.

Menurut Prof Fathur, kerja sama Unnes dengan UTM sudah terjalin sejak lama, bahkan saat Unnes masih menjadi IKIP Semarang. Sejumlah dosen UTM diketahui adalah alumni IKIP Semarang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY