MAGELANG – Desa Balesari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang menjadi objek sebagian besar Penelitian dan Pengabdian Dosen Universitas Tidar tahun anggaran 2016. “Tidak ada anjuran langsung namun, semua pihak ikut membantu mewujudkan desa binaan menjadi desa wisata dikemudian harinya,” tutur Ir. Usman Siswanto, M.Sc., Ph.D.

Beberapa judul proposal tersebut diantaranya adalah Pemetaan Potensi Destinasi Wisata oleh Dr. Bambang Kuncoro, M.Si., Analisis Kecepatan Alat Pemipil Jagung Motor Listrik terhadap Produksi Jagung Pipilan oleh Xander Salahuddin, S.T., M.T., Deskripsi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Permasalahan yang dihadapi oleh Drs. Whinarko Juli Priyanto, M.Si. dll.

“Pelaksanaan penelitian dan pengabdian ini diberikan waktu sampai Oktober 2016, sehingga bulan berikutnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan laporan dan analisis data,” tambah Usman.

SERIUS KEMBANGKAN DESA BINAAN

Bimbingan Teknis Penelitian dan Pengabdian Dosen Tahun 2016 dilaksanakan Selasa (10/05/2016) di ruang Multimedia. Acara ini dihadiri para dosen yang proposalnya lolos penyeleksian terdiri dari 45 proposal penelitian dan 36 proposal pengabdian.

Program yang dikelola LPPMP ini merupakan salah satu pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu dosen wajib melakukan penelitian. Selain mendapat penjelasan teknis, para dosen juga menerima pengarahan Bakti Surono, S.Pd., M.T., narasumber bidang pengelolaan keuangan. “Banyak dosen yang akhirnya tidak memaksimalkan penelitiannya karena terlalu fokus pada laporan pertanggungjawaban keuangannya,” tuturnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY