Sembilan PTN Tanam Pohon di Hutan Rektor Untidar

Sebanyak sembilan perguruan tinggi negeri (PTN) melakukan penanaman pohon di kawasan terbuka hijau Kampung Sidotopo, Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, Kamis (12/11/2015). Penanaman pohon oleh rektor ini ditujukan untuk mendukung program hutan rektor yang pertama kali dilakukan Universitas Tidar Magelang ini. Penanaman sejumlah pohon ini dilakukan oleh sejumlah PTN dan PTS seperti Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, ISI Yogyakarta, Universitas Jendral Sudirman, UMM, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro (Undip), Politeknik Negeri Cilacap.

Hilman Nugroho, Dirjen pengendalian Daerah Aliran Sungai (DAS) dan hutan lindung menjelaskan, hutan rektor ini pertama kali dibuat di Untidar Magelang. Hutan Rektor ini merupakan inisiasi dan kesepakatan dari 179 PTN dan PTS se Indonesia untuk terus melestarikan lingkungan.
"Sebenarnya, pelestarian lingkungan ini bisa mengurangi efek dari pemanasan global," jelasnya. Dia menyebut, program menanam ini dilakukan sejak SD hingga orang yang akan menikah. Dengan harapan, kelestarian air dan juga alam akan lebih terjaga.Rektor Untidar, Prof Cahyo Yusuf mengatakan, penanaman hutan rektor ini akan menjadi sebuah hutan kecil. Selain itu juga diirencanakan menjadi etalase herbal di samping perencanaan pembangunan Fakultas Kedokteran. "Ini harapan kami agar menjadi etalase herbal dan hutan kecil," katanya. (tribunjogja.com)

http://jogja.tribunnews.com/2015/11/12/sembilan-ptn-tanam-pohon-di-hutan-rektor-untidar

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY