Seleksi Lawatan Sejarah Digelar Di Auditorium Univesitas Tidar

Lawatan Sejarah adalah kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai sejarah Bangsa Indonesia. Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang promosi pariwisata yang efektif karena selama kegiatan berlangsung para peserta akan diajak untuk mengunjungi situs-situs sejarah, mengikuti diskusi dan temu tokoh.  

Awal mulanya,penyelenggaraan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) dilatarbelakangi oleh kondisi bangsa Indonesia yang mulai menunjukkan gejala disintegrasi sehingga dipandang perlu untuk merancang kegiatan yang mampu mempertautkan suku-suku yang ada di Indonesia. 

Acara Lawatan Sejarah diadakan setiap tahun. Untuk bisa mengikuti kegiatan ini, Pelajar SMA/SMK/MA dari seluruh penjuru Indonesia harus terlebih dahulu mengikuti seleksi mulai dari tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi sampai akhirnya bisa mengikuti Lasenas atau Lawatan Sejarah Nasional. 

Sebelum mengikuti (Lawatan Sejarah Nasional) Lasenas,peserta Lawatan Sejarah yang merupakan siswa-siswi SMA/SMA/MA diharuskan terlebih dahulu membuat karya tulis. Selain itu juga ada lawatan sejarah ke berbagai tempat. Setelah lawatan, ada diskusi dimana di situ keaktifan dalam bertanya dan beragumen juga dinilai. 

Mengawali Lasenas tahun ini, Disporabudbar Kota Magelang bekerjasama dengan Universitas Tidar dan beberapa sponsor mengadakan Seleksi Lawatan Sejarah tingkat Kota Magelang. Acara berlangsung di Auditorium Untidar, Sabtu 28 Februari 2015. Acara dimulai jam 09.00. Diikuti oleh 25 peserta dari berbagai SMA/SMK/MA se Kota Magelang. 
 
“Kebanyakan orang belajar sejarah hanya melalui buku-buku teks,lawatan ini adalah cara untuk membuat sejarah bisa dinikmati seolah kita sendiri yang mengalami”,  ujar Sugeng Priyadi, Kepala Seksi Sejarah dan Kepurbakalaan Disporabudpar Kota Magelang, saat membuka acara. 

Dalam seleksi tingkat Kota Magelang, 25 peserta diwajibkan untuk mempresentasikan karya tulis yang mereka buat di hadapan Dewan Juri. Juri dalam seleksi ini adalah Drs. Budiyono, M.Si Dosen FKIP Untidar, Drs. Kuntjoro M.Si Dosen FISIP Untidar dan Indra Garuda Kepala Biro Surat Kabar Lokal Kota Magelang.

Dr. Valentina Ndaru Ketua Pelaksana Kegiatan ini mengatakan Lasenas merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun. Biasanya perwakilan pelajar yang mengikuti Lawatan Sejarah Tingkat Jawa Tengah langsung ditunjuk tanpa melalui seleksi. Untuk tahun ini seleksi diadakan untuk memberi kesempatan kepada pelajar SMA/SMK/MA di Kota Magelang untuk berkompetisi secara fair. Dalam seleksi kali ini 2 terbaik akan mewakili Kota Magelang ke Tingkat Jawa Tengah. Nantinya pemenang Tingkat Jawa Tengah akan berlaga di tingkat nasional. Meskipun lomba diadakan hari Sabtu, 28 Februari 2015, pengumuman pemenang baru dilaksanakan Selasa 3 Maret 2015, melalui surat yang dikirimkan ke masing-masing sekolah. Terpilih sebagai Juara 1 Pelajar Perwakilan dari MAN 1 Kota Magelang, Peringkat 2 dari SMA Negeri 4 Magelang, Peringkat 3 dari SMK Negeri 1 Kota Magelang, Peringkat 4 dari SMK Negeri 1 dan Peringkat 5 dari SMA Negeri 1 Kota Magelang. Selanjutnya 2 peringkat teratas diwajibkan untuk segera menyelesaikan karya tulis mereka dan maju ke Tingkat Jawa Tengah. 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY