Salah satu peserta SBMPTN 2016 saat mendengarkan penjelasan sesaat sebelum ujian berlangsung.

MAGELANG – Universitas Tidar menerima 375 calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016. Pengumuman resmi dikeluarkan panitia pusat lewat laman sbmptn.ac.id dan beberapa halaman mirror resmi lainnya, Selasa (28/06).

Dari 375 peserta yang diterima ini terdiri dari 181 calon mahasiswa Sains dan Teknologi (Saintek) dan 194 calon mahasiswa Sosial dan Humaniora (Soshum).

Berdasarkan data dari panitia SBMPTN UNTIDAR, total jumlah pendaftar yaitu 4803 peserta untuk 8 program studi. Peserta pendaftar terbanyak pada prodi Ekonomi Pembangunan yaitu 875 peserta dan peringkat kedua adalah prodi Administrasi Negara dengan 826 peserta.

Total keseluruhan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017 UNTIDAR sebanyak 1125 mahasiswa. Sebelumnya 420 peserta lolos seleksi SNMPTN namun 78 mahasiswa tidak melakukan daftar ulang sehingga hanya 342 peserta yang dinyatakan resmi menjadi calon mahasiswa UNTIDAR.

“Tidak hanya di UNTIDAR, hampir diseluruh perguruan tinggi mengalami kelebihan peserta bidikmisi padahal kuota yang disediakan pemerintah terbatas. Maka itu, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sedang dalam proses mengupayakan penambahan kuota,” tambah Prof. Ali. Sama halnya dengan SNMPTN, pada SBMPTN peserta terbagi menjadi dua jalur yaitu reguler (non bidikmisi) dan bidikmisi.

Mengingat kuota tersebut maka calon mahasiswa pemegang “pin” nantinya akan diseleksi kembali di tingkat universitas. “Kami akan memastikan bahwa penerima bidikmisi nantinya benar-benar tepat sasaran,” katanya.

Calon mahasiswa baru diwajibkan mengisi biodata tentang sosial-ekonomi melalui laman http://ukt.untidar.ac.id. dengan menggunakan nomor peserta dan KAP SBMPTN Tahun 2016 pada tanggal 12 – 15 Juli 2016 untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dalam pengisian biodata ini, calon mahasiswa baru harus mengunggah surat pernyataan penghasilan orang tua/wali/penanggungjawab biaya pendidikan yang telah dibubuhi materai Rp 6000. Selanjutnya data pendukung harus diverifikasi pada saat registrasi. Tata cara registrasi akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2016 mendatang lewat laman www.untidar.ac.id

Dari total calon mahasiswa jalur SNMPTN sejumlah 342 peserta dan SBMPTN sejumlah 375 peserta, UNTIDAR menyisakan 408 kursi yang akan dialokasikan untuk Seleksi Mandiri (SM) UNTIDAR mendatang. (DN)

53 COMMENTS

    • Untuk PNS menggunakan slip gaji, Non PNS menggunakan keterangan penghasilan dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan setempat. Jangan lupa dilampiri materai 6rb

  1. saya login yg di ukt itu pake nomer pendaftaran dan KAP SBMPTN kok tidak bisa kenapa ya min ? terimakasih

  2. no sbmptn sudah benar da tgl sebagai pasword sudah benar kenapa pada saat loin di portal sosial ekonomi tertulis TIDAK BENAR
    BAGAIMANA SOLUSINYA

  3. ada keterangan “Bagi Peserta BIDIKMISI diwajibkan melengkapi isian data sebelum menunduh dan mencetak borang sosial ekonomi”. melengkapi isian data yang mana yah ?

  4. Kenapa saya tidak bisa login utk mengisi data sosial ekonominya? Saya sudah memasukkan nomor pesertadan no KAP tetapi tetap tidak bisa, mohon dijelaskan min

  5. maaf, itu yg borang portal sosek no.8 perkiraan harga jual sawah per satuan luas (ubin,m kuadrat, bau dll) apa semua sawah yg dimiliki ?

  6. Maaf untuk mengisi portal menggunakan no sbm dan kap? Tapi kenapa saya tidak bsa masuk untuk login?

  7. min kan saya udah finish dalam pengisian borang terus ada informasi yg kaya gini
    Biaya UKT Anda : Rp0, Anda SEMENTARA Terdaftar Sebagai Mahasiswa BIDIK MISI
    itu artinya apa min?? apa ukt saya sudah benar segitu??

  8. min kok engga bisa buka portal UKT yah?? mohon bantuannya
    kalau yg ikut bidikmisi kmrin uktnya Rp.0 apa itu bisa berybah??
    mohon pnjlasan dan bantuannya.

LEAVE A REPLY