Selamat dan Sukses DR. Farikah, M.Pd Doktor Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Magelang

MAGELANG (KRjogja.com)– Dosen Program Studi Bahasa Inggris FKIP Universitas Tidar Magelang (UTM) Farikah Spd, MPd berhasil lulus Cum-Laude (Dengan Pujian) pada ujian promosi doktor Pendidikan Bahasa Inggris di kampus Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Selasa sore (11/02/2014).

Farikah tercatat sebagai doktor ke 144 yang dihasilkan Unnes dan doktor ke 20 lulusan Program Pendidikan Bahasa PPs Unnes.Lewat disertasi berjudul “the Effectiveness of Thematic Progression Patterns with Cooperative Learning Method (TP-CL) in Teaching Writing Skill to the English Department Students of UTM in 2011/2012 Academic Year” dengan promotor Prof Dr Joko Nurkamto MPd, Prof Dr Warsono Dipl TEFL MA (co-promotor) dan Drs Achmad Sofwan PhD (anggota promotor) Farikah akhirnya lulus Cum Laude (Dengan Pujian) dengan IPK 3,88 dan masa studi 3 tahun 5 bulan 11 hari. 

Tim penguji terdiri  Ketua Prof Dr Samsudi MPd (Direktur PPs), Prof Dr Joko Widodo MPd (Asdir II, sekretaris), Prof Abbas Achmad Badib MA Dipl TEFL PhD (penguji I/ penguji luar dari Unesa), Prof Dr Dwi Rukmini MPd (Kaprodi S3 Bhs Inggris, penguji II), dan Dr Djoko Sutopo MSi (dosen Bhs Inggris PPs, penguji III) ditambah promotor dan dua co-promotor sebagai penguji IV sampai VI.

Istri dari Buchori dan anak dari Zida Hasna Faradisa serta Tsabita Rahma Faradisa ini berhasil membuat model pengajaran writing berdasarkan Thematic Progression yang dipadukan dengan Cooperative Learning (TC-PL) yang bisa memudahkan siswa (mahasiswa) mampu mengembangkan atau menulis writing lebih mudah dan menyenangkan karena dipadukan dengan kerja kelompok.

“Penelitian dengan metode kombinasi (Mixed Method yang diambil dari teori Cresswell)  saya lakukan satu semester di Universitas Tidar Magelang untuk mata kuliah writing. Mahasiswa diberi satu topik untuk menulis (writing) dan berdarakan topik maka penulisan bisa dikembangkan lalu kami padukan dengan kerja kelompok yang nantinya bisa sharing hasil masing-masing kelompok. Hasilnya, model TP-CL efektif untuk mengajarkan paragrapgh writing. Model TP-CL ini bisa dipakai pula dalam pengajaran bahasa Indonesia”, ujar Farikah.

Farikah mengenyam pendidikan dasar di MI Maarif Madusari Secang, MTSN Kota Magelang, SMAN 3 Magelang, S-1 Universitas Negeri Yogyakarta (dahulu IKIP Yogyakarta) dan S-2 Unnes. Pengalaman mengajar bahasa Inggris di SDN Secang 1, MTs Yajri Payaman, SMK Islam Secang Kab Magelang serta MTs Wahid Hasyim Yogyakarta dan selanjutnya menjadi dosen di Universitas Tidar Magelang menjadikan Farikah kenyang pengalaman dalam dunia pengajaran bahasa Inggris serta menghasilkan banyak karya.(Sgi)

 

Sumber Berita : http://krjogja.com/read/204553/dosen-utm-lulus-cum-laude-s-3-unnes.kr

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY