Salah satu penampilan peserta dari Bengkel Seni UNTIDAR yang menyanyikan lagu Tobat Maksiat (Tomat) dari Wali dengan mengkolaborasikan musik band dan gamelan.

MAGELANG – Menyambut Bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, Unit Kegiatan Agama Islam (UKAI) “Ar-Ribath” Universitas Tidar menggelar Festival Musik Religi. Sebanyak 11 grup vokal dan musik memperebutkan gelar juara pada Rabu (01/06/2016) di auditorium UNTIDAR.

“Tidak ada ketentuan harus grup vokal saja atau grup musik. Kami membebaskan penampilan peserta yang penting tetap dalam tema religi,” kata Siswo Eriyanto, koordinator Festival Musik Religi.

Peserta berasal dari SMA/SMK dan MA dari Kota maupun Kabupaten Magelang bahkan ada satu grup yang datang dari luar kota yaitu SMA N 1 Kebumen. Pihak internal kampus pun ikut menyemarakan acara ini diantaranya Grandio Sonora Tidar, Bengkel Seni, Kopi Susu (FKIP) dan grup HMTM.

“Selain tampil diatas panggung, grup nasyid G-Vo juga didaulat sebagai Juri,” tambah Siswo.

Secara keseluruhan, penampilan peserta dibagi menjadi 3 grup yaitu accapella, band dan solo/grup vokal. Setelah pembagian ini maka pada tiap-tiap genre dicari yang paling tinggi nilainya berdasarkan kriteria vokal, harmonisasi, performance, dan musikalisasi.

“Acara semacam ini perlu ditingkatkan kembali. Bagaimana merubah yang melalaikan menjadi mengingatkan. Tetap kekinian tapi religiusitasnya jangan ditinggalkan,” tutur Deva, salah satu juri yang juga anggota G-Vo.

Berdasarkan penilaian juri, SMA N 3 Magelang ditetapkan menjadi juara 1 mendapatkan sertifikat, tropi serta uang pembinaan senilai Rp 1 juta. Juara kedua diraih Kopi Susu (FKIP UNTIDAR) dan Juara 3 MA Ma’arif Borobudur, masing-masing mendapatkan sertifikat tropi dan uang pembinaan senilai Rp 750ribu dan Rp500ribu. Secara spontan, tim juri menambahkan 3 juara harapan yaitu Harapan 1 dimenangkan oleh SMA N 1 Kebumen, Harapan 2 SMK N 1 Magelang dan Harapan 3 SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo. Masing-masing juara harapan mendapatkan tropi khusus persembahan dari G-Vo.

“Grup SMA N 3 Magelang pantas mendapatkan gelar juara karena kami lihat penampilan mereka maksimal mulai dari vokal, penampilan sampai pada kostum semua dipersiapkan dengan sangat baik,” jelas Nanang.

Juara 1 Festival Musik Religi UKAI “Ar-Ribath”, grup SMA N 3 Magelang berfoto bersama G-Vo seusai penyerahan hadiah.
Juara 1 Festival Musik Religi UKAI “Ar-Ribath”, grup SMA N 3 Magelang berfoto bersama G-Vo seusai penyerahan hadiah.

G-Vo atau Granada Voice adalah grup nasyid yang tediri dari Niko (vokal), Tyo (saxophone), Deva (bass), Sigit (ritmis), Nanang (vokal 2) dan Dimas sebagai additional (beatbox). Grup nasyid yang mampu menyanyikan lagu dalam berbagai genre seperti acapella, pop dan dangdut ini mengapresiasi acara yang diadakan UKAI ini bahkan mereka mengajak semua peserta khususnya grup nasyid untuk bergabung di acara nasyid on the street pada Ramadhan mendatang.

Mengangkat tema “Ramadhan Inspirasimu”, UKAI UNTIDAR ingin menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh suka cita serta tetap menjalin silaturahmi dengan semua peserta yang hadir. Selama bulan Ramadhan mendatang, UKAI sudah mempersiapkan berbagai acara seperti Ibadah bersama, kajian dan UKAI Care (bakti sosial).

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY