MAGELANG – Sebagai upaya membangun jalinan komunikasi antara ormawa dan jajaran pimpinan Universitas Tidar, Rektor Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. menggelar acara Sosialisasi Pelaksanaan dan Pelaporan Kegiatan Kemahasiswaan, Selasa (21/06) bertempat di Borobudur International Golf & Country Club Resto, Parama Hall Lantai 2.

Tak hanya mendengarkan penjelasan namun mahasiswa diberi kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya dan mendapatkan tanggapan langsung dari pimpinan atau bagian yang bersangkutan.

“Universitas selalu mendukung kegiatan mahasiswa. Jika ada permasalahan baiknya dikomunikasikan dahulu dengan bagian yang bersangkutan sehingga bisa dicarikan solusinya,” tutur Rektor UNTIDAR.

Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. saat memberi tanggapan kepada perwakilan BEM KM dan BLM UNTIDAR
Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. saat memberi tanggapan kepada perwakilan BEM KM dan BLM UNTIDAR

Dalam kesempatan ini, selain perwakilan dari seluruh ormawa juga hadir para pendamping masing-masing. Saat ini terdapat 17 ormawa atau disebut juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu UKM Penelitian (PHBD), UKM Kreatifitas Mahasiswa, UKM Pers Mahasiswa, UKM Radio, UKM Bahasa Asing, UKM Bengkel Seni dan Tari, UKM Paduan Suara, UKM Olahraga dan Beladiri, UKM Mapala Sulfur, UKM Agama Islam dan MTQ, UKM Kristiani, UKM Koperasi Mahasiswa, UKM Mahasiswa Wirausaha, UKM Resimen Mahasiswa, UKM Pramuka, UKM Korps PMI, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Legislatif Mahasiswa (BLM).

Selain Rektor, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Bambang Kuncoro. M.Si., dan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Drs. Hery Suroso, S.T., M.T juga ikut memberi penjelasan mengenai bebererapa permasalahan kemahasiswaan serta penjelasan alur dana untuk kegiatan organisasi.

“Waktu sudah mepet, tapi mengapa belum ada kejelasan mengenai Masimaru besok? Apakah kepanitiaan akan dijalankan seperti tahun lalu atau berbeda?,” tanya Agus Mukhlis perwakilan BEM KM.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Rektor UNTIDAR memberi kesempatan mahasiswa sebagai panitia pelaksana Masa Orientasi Mahasiswa Baru (Masimaru) 2016/2017 mendatang. Namun, tidak sepenuhnya semua dilaksanakan oleh mahasiswa tetap nantinya ada beberapa dosen atau staf yang dilibatkan untuk mengawasi jalannya acara.

Rama Sudjana, perwakilan BLM memaparkan bagaimana prosedur pembentukan UKM yang baru. Pada pelantikan BEM, BLM dan pendamping Mei lalu tiba-tiba muncul beberapa UKM baru sedangkan yang selama ini mahasiswa ketahui bahwa dalam pembentukan UKM baru perlunya percobaan dahulu selama masa tertentu.

Mahasiswa perwakilan ormawa menikmati menu buka bersama seusai acara.
Mahasiswa perwakilan ormawa menikmati menu buka bersama seusai acara.

Seusai acara ini, seluruh tamu undangan berbuka bersama dengan menu yang sudah disediakan panitia. Mahasiswa dan dosen menikmati menu berbuka sambil bercakap-cakap santai. Acara ini diharapkan membuat mahasiswa, pendamping, dosen maupun jajaran pimpinan UNTIDAR lebih akrab sehingga kedepannya dapat membangun komunikasi yang lebih baik. (DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY