Selain kerja bakti fisik di wilayah desa, sebagian peserta melakukan penanaman mangrove

MAGELANG – Dewan Racana Universitas Tidar Gudep 21-227 mendapat mandat dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Magelang untuk berpartisipasi dalam Kemah Bakti Kwartir Daerah Jawa Tengah 2016, Kamis – Minggu (26-29/05/2016).

RACANA UNTIDAR WAKILI KOTA MAGELANG DI KEMAH BAKTI PANDEGA SE-JATENG, 1

“Peserta kemah bakti dan warga sekitar bekerjasama membangun talut, membersihkan makam dan membuat tangga,” tutur Dila.

Dalam acara ini, Racana UNTIDAR mengirimkan 6 perwakilan yaitu Dila Muhamad Ali, Mufida Ulin, Andika Anjas, M. Wildan I.P, Khoirunisa Dwi Astaraini dan Tama Arini Puspita. Perkemahan yang diselenggarakan di Desa Nglimut, Gonoharjo, Kabupaten Kendal ini mengajak para peserta untuk melakukan kegiatan bakti fisik dan non fisik. Bersama warga sekitar para pandega dari 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah bahu membahu bekerjasama membuat talut, membersihkan makam dan membuatan tangga menuju ke makam. Selain bakti fisik di wilayah sekitar, sebagian Pandega juga melakukan bakti fisik dengan menanam mangrove.

“Kami juga melakukan penyuluhan dan pelatihan dengan Ibu PKK sekitar sebagai perwujudan bakti non fisik,” jelas Mufida Ulin, salah satu peserta kemah bakti yang juga merupakan Ketua Dewan Racana UNTIDAR.

RACANA UNTIDAR WAKILI KOTA MAGELANG DI KEMAH BAKTI PANDEGA SE-JATENG, 3

Selain kegiatan bakti fisik dan non fisik, pada hari terakhir kemah bakti masing-masing kelompok Pandega perwakilan kota/kabupaten se-Jateng membuat stand di balai desa. “Kami membawa beberapa makanan khas Magelang seperti pothil, keripik tempe dan tahu yang diluar dugaan banyak diminati para pengunjung,” tambah Ulin.

Selain makanan, Racana UNTIDAR juga membawa beberapa hasil PKM mahasiswa seperti “La Segar” Lukisan dari Sebuk Gergaji. Tak ketinggalan mereka juga membagikan brosur UNTIDAR untuk mengenalkan dan mempromosikan universitas.

“Kelompok stand Pandega dari Purworejo, Kebumen dan Magelang atau stand Kedu mendapat penghargaan sebagai stand terbaik,” jelas Ulin.

Kemah Bakti Kwarda Jateng yang baru pertama kalinya diadakan ini diharapkan mampu menjadi wadah silaturahmi antar Pandega se-Jateng juga menjadi ajang sharing kegiatan masing-masing.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY