Kepala UPT TIK, Sigit Joko Purnomo, S.T., M.T. saat menjelaskan mengenai laman alumni.untidar.ac.id

MAGELANG – Calon wisudawan/wisudawati UNTIDAR periode Oktober 2016 mengikuti pembekalan kewirausahaan, Kamis (06/10) sebelum resmi diwisuda Sabtu mendatang. Pada acara yang sama, UPT Teknologi, Informasi dan Komunikasi mensosialisasikan pertama kalinya laman alumni.untidar.ac.id. Laman ini diperuntukan untuk melacak aktivitas para lulusannya setelah masa pendidikan tinggi, baik masa transisi maupun pergerakan alumni di dunia kerja serta melacak jejak lulusan/alumni setelah 2 (dua) tahun setelah lulus.a

“Laman ini berisi konten tracer study, lowongan kerja, lamaran kerja serta data statistik persebaran alumni. Kedepannya lulusan UNTIDAR bisa saling sharing lowongan pekerjaan bagi sesama alumni serta tidak menutup kemungkinan sekaligus mengirim lamaran melalui laman ini,” kata Kepala UPT TIK, Sigit Joko Purnomo, S.T., M.T.

Tampilan laman untidar.ac.id
Tampilan laman untidar.ac.id

Laman ini diperuntukan juga untuk melakukan pendataan alumni serta update data pribadi alumni. Data ini hanya bisa diakses alumni dan pengelola data sehingga dapat dijamin kerahasiaannya. Data ini nantinya dapat dijadikan rujukan kepada bidang akademik maupun bidang lain yang terkait untuk mengevaluasi berbagai program yang berhubungan dengan peningkatan kualitas lulusan. “Nantinya dapat diketahui rata-rata waktu lulusan UNTIDAR mendapat pekerjaan atau apakah sudah tepat dengan jurusan yang ditempuhnya,” tambahnya.

Pada kesempatan ini Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. menekankan bahwa mahasiswa jangan hanya fokus menjadi pegawai, bukan hanya sebagai job seeker namun juga job creator. “Pegawai itu tiap bulannya hanya menunggu gaji. Kalau pengusaha sebaliknya memberi gaji bahkan penghasilannya melebihi pegawai negeri,” tuturnya.

Beberapa mahasiswa yang juga seorang wirausahawan berbagi pengalaman mereka dalam membangun usahanya dari nol. Pengalaman ini menjadi pemotivasi bagi mahasiswa lainnya untuk memulai usaha sejak dini.

Pembekalan ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kewirausahaan kepada seluruh calon wisudawan/wisudawati. Wisuda kedua, bulan Oktober tahun 2016 ini meluluskan 177 mahasiswa. (DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY