MAGELANG – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Bambang Kuncoro, M.Si. menyerahkan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) kepada 33 mahasiswa dari berbagai fakultas di UNTIDAR, Rabu (21/12).

“Saya harap mahasiswa dapat memanfaatkan beasiswa PPA sebaik mungkin, utamanya untuk pelunasan biaya kuliah terlebih dahulu,” tuturnya.

WR 3 menuturkan bahwa mahasiswa atau manusia pada umumnya terkadang memiliki sifat malas. Beasiswa ini adalah salah satu bentuk “pemaksaan” kepada mahasiswa untuk mempertahankan prestasi dan selalu berusaha meningkatkannya. Dari keterpaksaan ini diharapkan berubah menjadi sebuah kebiasaan positif ketika mahasiswa sudah mulai menuai hasilnya misalnya prestasi IPK meningkat atau lolos PKM, PMW atau PHBD.

Setiap mahasiswa menerima beasiswa sebanyak Rp 4.200.000 yang dibayarkan tiap satu tahun sekali. Dana ini diharapkan dapat membantu pelunasan biaya kuliah serta mendukung kegiatan perkuliahan. “Selain untuk ditabungkan, beasiswa ini akan sangat membantu kegiatan praktikum khususnya untuk mahasiswa Teknik Elektro seperti saya,” kata Nizar Ikhsan.

Mahasiswa program studi teknik elektro yang sekarang duduk di semester 3 ini menyatakan bersyukur bisa lolos seleksi dan menerima beasiswa PPA ini. “Seperti halnya pesan Bapak WR 3, beasiswa ini jangan sampai membuat kita terlena tapi sebagai dorongan untuk tetap berprestasi,” tambahnya.

Beasiswa PPA adalah beasiswa dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diperuntukan meningkatkan motivasi belajar dan prestasi mahasiswa baik dalam akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler serta menjamin penyelesaian studi mahasiswa tepat waktu. Singkatnya, beasiswa ini merupakan dukungan biaya pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengikuti/menyelesaikan pendidikan tinggi berdasarkan pertimbangan utama prstasi dan/atau potensi akademik. (HDN/DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY