PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNTIDAR GELAR SEMINAR BERTEMA “KOMPETENSI TEKNIK MESIN DALAM DUNIA INDUSTRI”

Rabu, 28 Oktober 2015, seminar dengan tema “Kompetensi Teknik Mesin Dalam Dunia Industri” diadakan di Gedung Wisma Sejahtera Magelang.

Acara seminar dimulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 13.30 WIB. "Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dan mahasiswi Teknik Mesin Untidar dalam memahami kompetensi di bidang teknik mesin. Harapannya kelak para mahasiswa dan mahasiswi Teknik Mesin mampu bersaing dalam dunia industri" jelas Ketua pelaksana kegiatan ini Catur Pramono, S.T., M.Eng. Seminar “Kompetensi Teknik Mesin Dalam Dunia Industri” dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Dosen dan mahasiswa fakultas teknik program studi teknik mesin. Sekitar 115 orang mahasiswa turut serta.  Seminar juga  dihadiri oleh tamu undangan dari Industri Karoseri PO.Tri Sakti.

Pemateri seminar yaitu Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Dr. Dipl. Ing. Ir. Berkah Fajar Tamtomo Kiono dari Universitas Diponegoro. Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.menjelaskan tentang peran ilmu bahan dan konstruksi dalam dunia industri. Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan sejarah awal mula permesinan, hubungan material teknik dengan manufaktur, siklus hidup teknologi, pemakaian ilmu bahan dan konstruksi, serta contoh-contoh riil penggunaannya dalam dunia industri manufaktur seperti pada engine, body car, body train, peredam suara (akustik), industri peralatan alutista seperti roket, dll. Tidak lupa juga disampaikan peluang-peluang kerja lulusan teknik mesin yang lebih luas  berkat dukungan regulasi kebijakan pemerintah tentang larangan ekspor bahan mentah tahun 2015. 

Narasumber yang kedua yaitu Dr. Dipl. Ing. Ir. Berkah Fajar Tamtomo Kiono menjelaskan tentang peran ilmu konversi energi dalam dunia industri. Paparan seminar ini membahas tentang penggunaan ilmu konversi energi pada pembangkit seperti PLTU, PLTA, PLTG, pada mesin pendingin seperti cold storage, refrigerator, mesin AC, pada proses produksi seperti mesin pemanas, pendingin dan pengering, dan pada utilitas bangunan atau pabrik  seperti plumbing, pemadam kebakaran, instalasi udara tekan dan tata udara.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY