Serbuk gergaji adalah sisa pemotongan kayu yang sering ditemukan dipabrik-pabrik meubel. Biasanya serpihan kayu berukuran kecil yang mirip serbuk ini hanya dibuang begitu saja. Tapi, ditangan Sahrul Mubarok dkknya limbah ini disulap menjadi lukisan bernilai ratusan hingga jutaan rupiah.

“Sepertinya baru La Segar saja yang menggunakan media serbuk gergaji dalam lukisan. Sebelumnya yang pernah kami temui menggunakan media pasir,” kata Sahrul Mubarok.

Berawal dari melihat banyaknya limbah serbuk gergaji di sekitar rumahnya yang tidak terpakai membuat mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 2 ini tergerak memanfaatkannya menjadi barang yang mempunyai nilai jual tinggi. Sahrul yang kebetulan berasal dari Menganti, Jepara ini memanfaatkan serbuk gergaji berbagai jenis kayu sisa pembuatan meubel di pabrik ayahnya.

“Semuanya dari alam jadi tidak ada penggunaan pewarna sintetik sama sekali, tidak akan luntur dan awet bahkan jika terkena air tinggal dijemur saja,” tambahnya.

La Segar memanfaatkan serbuk gergaji dari kayu sonokeling, sengon dan waru.
La Segar memanfaatkan serbuk gergaji dari kayu sonokeling, sengon dan waru.

Warna hitam diperoleh dari serbuk gergaji kayu sonokeling, warna merah dari kayu sengon dan putih dari kayu waru. Pilihan warna masih terbatas karena baru memanfaatkan serbuk gergaji dari ketiga kayu tersebut saja.

Lukisan dari Serbuk Gergaji “La Segar” merupakan PKMK UNTIDAR 2016 yang terdiri dari 5 orang yaitu Sahrul (PBSI/FKIP) sebagai Ketua, Muhammad Fauzan (PBSI/FKIP), Akhmad Saiful Anas (PBSI/2), Khoirullummah (Agroteknologi/FP) dan Anita Choiriyah (Agroteknologi/FP). Kelima mahasiswa ini merupakan mahasiswa semester 2.

Pemasaran La Segar masih sebatas promosi dari mulut ke mulut dan media sosial. Proses pembuatannya yang memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 3 hari – 1 minggu masih menjadi kendala karena itu produk La Segar belum bisa diproduksi dalam jumlah yang besar. Harga produk La Segar berkisar dari Rp 200ribu untuk ukuran F4, Rp 300ribu untuk ukuran A3 hingga Rp 1 juta untuk ukurang paling besar yaitu 1 x 1 m.

La Segar menerima pesanan vintage wall letters, kaligrafi, sketsa wajah, logo/lambang, lukisan foto keluarga, lukisan alam, dan lain-lainnya disesuaikan dengan permintaan konsumen. Pemesanan bisa langsung menghubungi nomor 085713048151 atau melalui Facebook La Segar, Instagram La_Segar, email Lasegar111@gmail.com dan Line wheo286a. Produk La Segar menawarkan promo bebas ongkos kirim di seluruh wilayah Pulau Jawa.

Salah satu karya La Segar yaitu lukisan lambang Universitas Tidar berukuran 1 x 1 M berhasil menarik perhatian Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. yang kemudian membeli karya tersebut dan dipajang di gedung rektorat lantai 2. “Kalau bukan kita yang memulai untuk menghargai karya mahasiswa lalu siapa lagi. Lukisannya bagus dan rapi,” kata Prof. Cahyo. (DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY