Peserta Untidar Cup 2014 Membludak

Untuk menunjukkan eksistensi  di lingkungan Kota dan Kabupaten Magelang, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Merpati Putih (MP) Universitas Tidar (Untidar) mengadakan “Untidar Cup”, Sabtu-Minggu (22-23/11) yang bertempat  di Auditorium Untidar.

 

202 Peserta telah mendaftar dalam perlombaan Untidar Cup kali ini. Mereka adalah siswa-siswi SMP dan SMA sederajat se-Kota dan Kabupaten Magelang. Untuk tahun ini animo peserta lomba, lebih baik dari tahun yang lalu, pasalnya kali ini peserta melebihi harapan dari panitia. Hal ini karena persiapan yang matang dari panitia yaitu selama tiga bulan serta penyebaran surat edaran yang merata di semua sekolah SMP, SMA dan seluruh perguruan silat se-Kota dan Kabupaten Magelang

 

Juri dalam acara ini berasal dari IPSI (Ikatan Pencaksilat Seluruh Indoonesia) kota Magelang. Perlombaan dibagi menjadi 10 kelas untuk laki-laki dan 7 kelas untuk perempuan. Pembagian kelas berdasarkan berat badan dan tingkatan pendidikan peserta.

 

Di luar kuasa panitia, perlombaan di hari kedua mengalami kendala. Pada saat partai Semi Final masih menyisakan dua pertandingan, perlombaan terpaksa dihentikan karena ada gangguan teknis yaitu padamnya lampu ruang auditorium. Panitia telah berusaha untuk menghubungi PLN Kota Magelang. Namun karena Pihak PLN tak kunjung tiba di tempat lokasi dan waktu juga sudah larut malam akhirnya dibuatlah kesepakatan antar peserta dengan memutuskan adanya juara bersama.  Bagi peserta yang telah lolos dari partai Semi Final dinobatkan menjadi juara 1, sedangkan bagi peserta yang belum melakukan pertandingan pada partai Semi Final dinobatkan menjadi juara kedua. Untidar Cup tahun ini dimenangkan oleh 68 peserta dari semua kategori.  

 

Perlombaan yang berakhir dengan juara bersama tersebut, menurut Adrian diharapkan mampu menghasilkan atlet-atlet yang bisa mewakili Kota dan Kabupaten Magelang di ajang kejuaraan yang lebih tingggi.

UNTIDAR CUP, telah diadakan oleh MP Untidar selama 4 tahun berturut-turut. Untuk tahun pertama kejuaraan ini masih menggunakan nama Rektor Cup sedangkan kejuaraan tahun ke dua dan tiga berubah nama menjadi UTM Cup. ”Berhubung tahun ini Untidar sudah berstatus Negeri, UTM Cup berubah nama lagi menjadi  UNTIDAR CUP”. Tandas Adrian.

 

Selain tujuan ekstensi dan menjaring atlet yang berbakat, acara ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan Kampus Untidar kepada peserta lomba serta menjalin silaturahmi antar perguruan Pencak silat yang ada di Magelang. (Ab/Mf)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY