MAGELANG – Seluruh peserta menandatangani pakta integritas pada Pembukaan Iptek bagi Kewirausahaan (IbK) Universitas Tidar, Selasa (17/05/2016) di ruang Multimedia. Turut hadir Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi program kewirausahaan ini.

“Kalau jadi pegawai, setiap tanggal 1 nunggu diberi gaji. Tapi, kalau jadi pengusaha tiap tanggal 1 malah memberi gaji, kalian pilih yang mana?” tutur Prof. Cahyo.Menurutnya, mahasiswa harus berani berwirausaha sehingga ketika nanti lulus tidak “kelabakan” mencari pekerjaan.

Sebanyak 22 tenant menandatangi pakta integritas yaitu perjanjian secara tertulis antara peserta/tenant dengan Ibk UNTIDAR untuk senantiasa konsisten dalam mengikuti setiap kegiatan dari pembukaan sampai akhir nanti yaitu pelaporan. Melalui program Ibk ini mahasiswa akan dibimbing berwirausaha dari awal mulai dari teknik produksi, pengemasan produk hingga pemasaran.

“Banyak peserta yang semangat hanya diawal ketika sampai ditengah program tiba-tiba menghilang. Maka itu kami buat kesepakatan bersama dari awal dengan penandatanganan pakta integritas ini,” jelas Drs. Sri Bondan, M.Si., Ketua Ibk UNTIDAR.

PESERTA IbK TANDA TANGANI PAKTA INTEGRITAS, 2

Berbeda dengan tahun lalu, jenis usaha Ibk tahun 2016 ini didominasi kerajinan. Beberapa jenis usaha kerajinan tersebut adalah kerajinan kayu, tenun pelepah pisang, topi dan kaos kaki bayi, hiasan korek api dan kerajinan kristik.

 “Saya mulai berwirausaha semenjak menjadi mahasiswa UNTIDAR. Sekarang saya berwirausaha kuliner, brownies,” tutur Eko Riadi.

PESERTA IbK TANDA TANGANI PAKTA INTEGRITAS, 3

Alumni UNTIDAR yang diwisuda bulan April lalu ini menjadi peserta Ibk satu-satunya yang berstatus bukan mahasiswa. Dari usahanya ini sekarang omset per bulannya sudah mencapai Rp 20 juta dengan pemasaran tidak hanya di Magelang namun sudah merambah Yogjakarta dan Semarang.

Ibk UNTIDAR juga menyediakan lokasi pemasaran produk di dalam kampus maupun diluar kampus. “Bulan Ramadan besok kami juga merencanakan untuk berpartisipasi di bazar Ramadan di alun-alun Magelang,” jelas Bondan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY