PERESMIAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

MAGELANG (KRjogja.com) – Perpustakaan Digital (Digital Library) Universitas Tidar Magelang (UTM) diresmikan Rektor UTM Prof Dr H Cahyo Yusuf MPd di ruang Perpustakaan UTM, Senin (10/2/2014). Sebelum meresmikan, Rektor UTM membaca dan menandatangani naskah peresmian. Penguntingan pita dan membuka pintu Perpustaan Digital UTM dilakukan Sukardi SH, Ketua Harian Yayasan Perguruan Tinggi Borobudur-Tidar Magelang. 

Rektor UTM didampingi pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Borobudur-Tidar Magelang, Kepala Program Studi, karyawan maupun lainnya juga lakukan peninjauan ruang Perpustakaan Digital. Rektor UTM mengatakan, pustaka-digital lebih praktis dan lebih efisien, karena berbasis komputer. Ilmu, teknologi dan seni maupun lainnya dapat diunggah dan orang lain dapat membaca atau mengunduhnya. Selain itu, setiap saat pustaka-digital juga dapat ditambah atau diperbarui.

Untuk kesiapan perpustakaan digital ini, semua dosen dan karyawan UTM diberi pencerahan tentang pustaka-digital, termasuk cara mengunggah ilmu, teknologi dan seni. Rektor mewajibkan kepada program studi mengunggah kurikulum, sedangkan setiap dosen mengunggah silabus, RPP dan buku serta jurnal setiap matakuliah. Sisi lain, mahasiswa dapat mengunduh semua perangkat akademis.

"Artinya, mahasiswa dapat melakukan kegiatan belajar secara mandiri atau terbimbing," katanya sambil menambahkan mendatang, mahasiswa juga wajib memasukkan minimal dua pustaka-digital dalam skripsinya. Pengunduhannya dilakukan di lingkungan kampus, dan secara terpusat dilakukan di Gedung Perpustakaan. UTM juga telah memiliki pusat internet dengan Wifi. (Tha)

Sumber Berita : http://krjogja.com/read/204401/keren-utm-dilengkapi-perpustakaan-digital.kr

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY