Pendidikan Dasar Kepramukaan (DIKSARPRAM) Racana Panglima Polim-Nyi Ageng Serang

Pendidikan Dasar Kepramukaan (DIKSARPRAM) Racana Panglima Polim-Nyi Ageng Serang Universitas Tidar Magelang diikuti oleh mahasiswa semester satu. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari hari Senin hingga Rabu (21-23/2). Adanya kegiatan ini dimaksudkan untuk memperdalam ilmu mengenai kepramukaan dan ajang pengesahan menjadi anggota sangga kerja baru.

Pada hari pertama kegiatan dilaksanakan di Universitas Tidar Magelang dengan acara pendalaman materi seperti materi kepramukaan, pengetahuan tentang SAR, leadership, kepemimpinan, kewirausahaan dan materi tentang desain grafis . "Menurut saya kegiatan kemarin cukup menyenangkan dan menambah pengetahuan tentang beberapa materi yang telah disampaikan. Semoga kegiatan berikutnya bisa terkonsep dengan baik," harap Tresno Bayu salah satu peserta DIKSARPRAM yang ditemui kemarin (4/2).

Agenda kegiatan hari berikutnya yakni kemah bakti yang tepatnya dilaksanakan di bumi perkemahan Wonoroto, Windusari, Kabupaten Magelang. "Kegiatan berlangsung sukses walaupun setiap lini masih ada cacat, tapi hal ini sebagai modal pembelajaran untuk anggota Racana agar kelak ketika mengadakan lagi untuk dipersiapkan lebih matang.

Selain itu, antusiasme dan keseriusan peserta DIKSARPRAM menjadi tolak ukur keberhasilan awal untuk meniti tugas di organisasi gerakan pramuka Universitas Tidar Magelang. Pengalaman yang peserta peroleh sebelum mengikuti kepramukaan di kampus dan potensi dasar mereka sangat berpengaruh kedepannya. "Ini merupakan kali pertama saya merasa bangga setelah sekian lama mengadakan kegiatan, belum pernah semeriah ini.", kata Nur Wakhid selaku ketua panitia.

Suhu udara yang dingin dan keadaan tanah lapangan yang becek tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disiapkan. Salah satunya acara api unggun minimalis yang hanya menggunakan lilin-lilin sebagai simbol dari obor dan api unggun. Dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB adalah saat yang sakral dimana sealuruh peserta membacakan Tri Satya dan Janji Pramuka, sebagai penanda telah disahkannya mereka sebagai Sangga Kerja Baru tahun 2013.

SHARE
Previous article11 Lulusan UTM Lolos Program SM-3T
Next articlecc

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY