MAGELANG – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Tidar sudah memasuki tahap penetapan hasil akhir PTN 2. Tahapan ini merupakan penentuan akhir jumlah peserta yang lolos masuk UNTIDAR lewat jalur SNMPTN setelah hasil seleksi PTN 1 ditetapkan pertengahan April lalu.

“Ada 1441 peserta yang diseleksi pada tahap PTN 2, sebagian besar masih dari sekitaran Jawa Tengah,” jelas Yogi Prayogo, Humas SNMPTN UNTIDAR.

 Penetapan hasil akhir PTN 2 ini dilaksanakan dalam Focus Group Discussion (FGD), Kamis-Jumat (28-29/04/2016) di Hotel Indraloka Kusuma, Temanggung. Selain panitia SNMPTN, Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd turut hadir dan memberikan sambutan pada pembukaan acara.

Total peserta SNMPTN UNTIDAR mencapai 2051 orang terdiri dari peserta seleksi PTN 1 sebanyak 610 orang dan PTN 2 sebanyak 1441 orang. Memasuki tahap penetapan hasil PTN 2 ini maka proses keseluruhan SNMPTN UNTIDAR sudah berjalan 80%. Peserta lolos seleksi PTN 1 dan PTN 2 baru akan diumumkan pada 10 Mei 2016 nanti.

“UNTIDAR perlu tingkatkan promosi agar lebih dikenal masyarakat luas bahkan kalau bisa seluruh Indonesia,” tutur Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik.

Menurut penanggungjawab SNMPTN UNTIDAR 2016 ini, sebanyak 1324 peserta dari total 1441 peserta seleksi PTN 2 masih berasal dari daerah Jawa Tengah. Data ini menunjukkan bahwa UNTIDAR sebagai perguruan tinggi negeri belum dikenal khalayak luas. Maka itu, kedepannya perlu dirancang program khusus untuk promosi kampus ke daerah-daerah lain terutama daerah diluar pulau Jawa agar persebaran mahasiswa lebih merata.

Sependapat dengan Prof. Ali, Pengarah SNMPTN 2016, Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd., salah satu alat promosi UNTIDAR yang perlu ditingkatkan adalah website. “Konten website perlu dilengkapi dengan informasi-infomasi yang mendukung sehingga penyebaran informasi menjadi lebih baik dan dapat diakses oleh masyarakat di berbagai tempat,” jelasnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY