Menwa Satuan 922 Macan Tidar Untidar Ikuti Diksar di Rindam IV

            Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa Menwa Satuan 922 Macan Tidar melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar Mahadipa Yudha XXXVIII di Dodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro. Diksar atau Pendidikan Dasar merupakan salah satu proses calon Menwa diangkat secara resmi menjadi anggota Menwa. Pendidikan Dasar tersebut diikuti oleh Menwa seluruh Jawa Tengah. "Semua anggota baru harus mengikuti Diksar agar tercatat secara resmi di tingkat Skomen Mahadipa atau Menwa Propinsi Jawa Tengah. Sebelum Diksar, calon anggota juga telah mengikuti Pradiksar agar bisa terlatih secara fisik", jelas  Prasetya Adi, Komandan Menwa Satuan 922 Untidar. 
       

             Dalam kegiatan Diksar, calon anggota Menwa menerima berbagai materi dari pelatih TNI, seperti pendidikan militer seputar survival, olahraga militer, lintas medan dsb. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan bekal pendidikan dan latihan guna membentuk sikap disiplin, mental yang kuat, keterampilan dan kepemimpinan lapangan serta kemampuan fisik yang cukup memadai. Dengan kegiatan Diksar Menwa maka keberadaan Mahasiswa menjadi sangat penting untuk diberikan tambahan bekal pengetahuan diluar disiplin ilmu akademisnya, berupa pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya Wawasan Kebangsaan seperti Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Kesadaran Bela Negara. Mahasiswa perlu memahami konsepsi Wawasan Nusantara dan Sistem Pertahanan Negara secara utuh dan benar agar tumbuh menjadi pribadi yang cinta dan bangga terhadap tanah air sendiri.

             Setelah mengikuti pendidikan selama 10 hari, Sabtu 21 Februari 2015  dilaksanakan acara penutupan di Lapangan Rindam IV/Diponegoro. Selanjutnya anggota Menwa Satuan 922 Macan Tidar Untidar akan melaksanakan pembaretan yang merupakan ritual rutin penyambutan bagi anggota baru. 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY