MAGELANG – Mengutip kalimat dari John Quincy Adam, If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader. Presiden ke-6 Amerika Serikat ini memberi kita definisi bahwa menjadi seorang pemimpin bukanlah sebuah ketetapan dari seseorang namun hasil dari tindakan diri sendiri. Lalu tindakan pemimpin seperti apa yang ideal dewasa ini?

“Pemimpin masa kini harus bisa bersikap luwes. Mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan dan perubahan yang ada,” kata Oke Amar Saputra, Humas BEM KM Universitas Tidar.

Tindakan seorang pemimpin menentukan kemajuan organisasi khususnya dalam mencapai tiap-tiap tujuannya. Maka itu, BEM KM UNTIDAR mengadakan kegiatan Leadership Training Academy (LTA) sebagai wadah pembentukan karakter pemimpin yang ideal, Jumat-Sabtu (20-21/05/2016) di Secaba Rindam IV Diponegoro Magelang.

Mengangkat tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berdedikasi dan Berkontribusi dalam Organisasi”, para peserta yang sebagian dari perwakilan masing-masing organisasi mahasiswa di UNTIDAR diajak untuk membentuk kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kekompakan.

“Pada sesi PBB, kami diajak memahami arti loyalitas dalam organisasi,” tambahnya.

MEMBANGUN JIWA KEPEMIMPINAN DENGAN LTA, 2

Sesi Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dipimpin oleh Harjanto dari Secaba. Sesi ini menggambarkan bentuk loyalitas dari organisasi untuk pemimpin atau ke atas dengan mematuhi pemimpin tanpa mengeluh, loyalitas ke samping dengan membentuk kesamaan dari kekurangan yang ada dan loyalitas ke bawah adalah apabila terjadi kesalahan perlu diingatkan.

Sebelumnya, kegiatan kuliah LTA telah dilaksanakan, Minggu (15/05/2016) lalu di ruang multimedia. Sedangkan LTA Camp merupakan kegiatan lanjutan dan baru dilaksanakan seminggu setelahnya. Secara umum, kegiatan tahunan BEM KM ini fokus pada pelatihan manajemen organisasi, pembentukan karakter dan mengasah intelektual kepemimpinan.

“Kerja keras panitia terbayar karena peserta tetap semangat mengikuti acara hingga akhir walaupun cuaca kurang mendukung,” tutur Oke. Harapannya kepada para peserta LTA semoga semua ilmu dan pengalaman yang mereka dapat bisa diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari terutama pada kegiatan organisasi masing-masing.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY