MELALUI "ENGLISH FOR TOURISM" MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS UNTIDAR BERINTERAKSI LANGSUNG DENGAN WISATAWAN MANCANEGARA

Mahasiswa Semester 6 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tidar mengikuti mata kuliah English For Tourism in Practise, yang mengharuskan mereka untuk terjun langsung ke lapangan. Selama satu semester, sekitar 60 mahasiswa yang dibagi menjadi 12 kelompok ditempatkan di beberapa Homestay dan objek wisata di sekitar candi Borobudur yaitu di Omah Garengpoeng, Efata Homestay, Supoyo Gerabah and Keramik, Rajasa Homestay, Lotus 1, dan Lotus 2.

English For Tourism adalah mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan Bahasa Inggris terutama yang berhubungan dengan kepariwisataan . English for Tourism atau EFT adalah mata kuliah pilihan sebanyak 6 SKS yang dibagi menjadi EFT 1, EFT 2, dan EFT in Practise. Melalui EFT in Practise mahasiswa kesempatan untuk langsung berinteraksi dengan wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke Indonesia. Kali ini mereka bisa berinteraksi dengan wisman yang sedang menikmati liburan di wilayah Borobudur dan sekitarnya. Mahasiswa  tidak hanya bertugas menjadi guide namun juga belajar mengenai "hospitality management", yaitu bagaimana melayani tamu mulai dari reservasi, menyediakan makanan, dan pelayanan kerapian dan kebersihan kamar. 

Lilia Indriani M.Pd., dosen pengampu mata kuliah English for Tourism mengatakan dengan berinteraksi langsung dengan tourist, mahasiswa akan mendapatkan banyak pengalaman yang tidak mereka dapatkan pada perkuliahan tatap muka. Selama 5 bulan, mahasiswa diwajibkan untuk minimal 2 hari tiap minggunya yaitu pada saat akhir pekan, bisa menemani para tourist yang menginap di homestay dan tourist yang berkunjung ke objek wisata yang telah ditunjuk menjadi mitra. Bertemu dan melayani tourist dari berbagai negara akan memberikan pengalaman lintas budaya yang semakin meningkatkan kemampuan English for Tourism mahasiswa. Setiap minggu mahasiswa wajib untuk mencatat aktivitas mereka di Buku Progress Report. Dengan begitu akan senantiasa terpantau proses belajarnya. Lilia juga menggunakan fasilitas Facebook Group sehingga mahasiswa semester 6 yang berjumlah 60 orang, masing-masing bisa saling berinteraksi dan melaporkan aktivitas selama melayani tourist. Nita salah seorang mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini mengatakan sangat terkesan dan exited karena banyak pengalaman yang didapatkan selama mendampingi para tourist yang menginap di homestay dan mendampingi mereka selama berwisata. Selain melatih ketrampilan berbahasa Inggris, juga bermanfaat menambah koneksi dan pertemanan dengan orang asing. 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY