Mapala Sulfur Untidar Taklukkan Gua Jomblang

 

    Sabtu dan Minggu, 31 Januari s.d. 1 Februari 2015, 10 orang anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam Sulfur Untidar adakan caving di Gua Jomblang. Caving atau Jelajah Gua adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh Mahasiswa Pecinta Alam. Bagi anggota Mapala Sulfur ini adalah untuk pertama kalinya. Caving adalah salah satu kegiatan petualangan di alam bebas. Kegiatan yang disukai karena tantangannya sangat berbeda dengan kegiatan lain, semisal mendaki gunung atau arung jeram. Caving atau susur gua adalah kegiatan alam yang mencoba menelusuri alam di bawah tanah dalam keadaan gelap dan hanya menggunakan penerangan kecil, semisal senter. Tapi bagi para Caver ( Penggiat susur gua ), itu menjadi tantangan tersendiri. Mapala Sulfur memilih untuk berpetualang di Gua Jomblang. Salah satu alasannya Gua Jomblang merupakan salah satu gua dari ratusan goa di kawasan Gunungkidul yang terkenal karena keunikan dan keindahannya. Tidak heran jika Gua Jomblang pernah dijadikan tempat pengambilan gambar acara Amazing Race Amerika pada tahun 2011 dan ini juga yang semakin membuatnya populer.

    Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam goa terdapat luas mulut goa sekitar 50 meter. Mulut goa inilah yang sering disebut dengan nama Luweng Jomblang. Untuk memasuki Goa Jomblang yang tingginya 80 meter ini diperlukan nyali yang besar. Juga diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). 80 meter bukanlah jarak yang pendek. Untuk menuruninya juga harus perlahan. Namun setelah beberapa meter turun biasanya rasa panik akan hilang dan berganti rasa yang sangat menyenangkan. Gua Jomblang juga dikenal dengan Hutan Purba di dalamnya. Ini yang menjadi daya tarik tersendiri. Karena Caving bukan hal yang mudah, tidak semua anggota Mapala mengikuti kegiatan ini. Hanya 8 orang anggota laki-laki dan 2 orang perempuan yang mengikuti ekspedisi kali ini. Meskipun medan cukup berat, 10 Caver Untidar berhasil menaklukkan Goa Jomblang.

Mapala Sulfur Untidar selama ini memang sangat aktif mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan alam. Mapala Sulfur  memiliki 6 divisi yaitu Rimba Gunung, Caving, Olahraga Arus Deras, Lingkungan Hidup, Panjat dan SAR. 
    

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY