MAGELANG – Sistem alumni UNTIDAR adalah sistem yang diperuntukkan untuk menghimpun data alumni pasca wisuda khususnya data pekerjaan dan domisili terakhir. Data yang terhimpun dalam sistem ini nantinya dipergunakan untuk dasar evaluasi dan pengembangan institusi. “Kedepannya sistem ini akan dikembangkan sebagai sumber info lowongan kerja bahkan alumni UNTIDAR dapat submit CV mereka lewat sistem ini,” tutur Sigit Joko Purnomo, S.T., M.T., Kepala UPT TIK.

Menurutnya, pengembangan sistem ini tidak akan berhasil tanpa kerjasama antara Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (BAKPK), Tata Usaha (TU) Fakultas, dan UPT TIK. “Saat ini sistem membutuhkan bantuan input data alumni sedangkan data ini ada di BAKPK serta masih tersebar beberapa di masing-masing Fakultas,” tambahnya.

Pada sosialisasi sistem alumni, Rabu (14/12) di ruang multimedia ini hadir Dr. Bambang Kuncoro, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan berharap data pekerjaan alumni bisa dijadikan sumber informasi dan acuan para adik tingkatnya. “Mahasiswa atau alumni tidak hanya melulu sebagai ‘penonton’ tetapi memiliki peran dalam membangun UNTIDAR yang lebih baik,” katanya.

Sistem alumni UNTIDAR dapat diakses melalui laman alumni.untidar.ac.id. Pada halaman depan berisi menu Masuk (log in), Lupa Password dan Pencarian. Menu log in terdiri dari dua user yaitu admin dan alumni. Pengelola atau admin adalah staf BAKPK yang telah ditugaskan untuk mengelola data alumni.

“Para alumni yang belum terdaftar dapat lapor ke bagian BAKPK kemudian admin akan meminta data alumni, setelahnya mendapatkan password untuk masuk dalam sistem alumni dan kembali menyempurnakan datanya. Ini berlaku pula bagi alumni UNTIDAR yang belum terdaftar pada sistem”, jelas Sigit.

Data alumni pada sistem ini kemudian dipetakan mulai dari jenis, lokasi serta kurun waktu dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu, sistem ini juga dapat mempererat hubungan silaturahmi antar angkatan bahkan membuka peluang berbagi info karir, kewirausahaan dan bidang lainnya. (Ina-Septi Mg/HDN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY