MAHASISWA UNTIDAR RAIH PERAK PIMNAS 2014

Bersaing dengan 39 tim dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia, 3 mahasiswa Untidar berhasil raih medali perak. Aris Priyatmoko, Miftakhul Khoir, dan Fathkhul Susyawan mempersembahkan sebuah karya yaitu Semi Otomatic Sprayer. PIMNAS 2014 diadakan di Universitas Diponegoro Semarang. Total ada 440 tim yang berlaga, dan dibagi menjadi 7 kategori. Tim Untidar masuk dalam kategori teknik dan berhasil meraih juara 2. Juara pertama diraih oleh tim dari UGM, sementara Juara 3 diraih tim dari ITS.

Alat yang diciptakan memanfaatkan engkol peluncur yang terhubung dengan sumbu roda tempat dimana sprayer tersebut diletakkan. Sehingga penyemprotan dilakukan secara semi otomatis, alias tidak langsung menggunakan tangan.

Dosen yang mendampingi selama PIMNAS, Xander Salahudin mengatakan meskipun berasal dari fakultas teknik, akan tetapi pembuatan alat inovasi berorientasi ke pertanian. PIMNAS adalah forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang terpilih melalui jalur Program Kreativitas Mhasiswa. PIMNAS juga merupakan forum diskusi dan dialog tentang masalah pembangunan nasional dan masalah aktual lainnya, dengan mewujudkan karya yang bisa menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa 
    

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY