MAHASISWA UNTIDAR JALANI "LIVE IN" SEBAGAI BAGIAN DARI KEGIATAN PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN KARAKTER GENERASI MUDA

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua hal yang kita inginkan bisa didapat dengan mudah dan instan. Bagaikan pedang bermata dua. Yang satu mengarah pada kemajuan, namun yang lain mengarah pada kehancuran kehidupan manusia sebagai bangsa yang bermartabat. 

Fenomena menunjukkan bahwa bangsa kita belum sepenuhnya siap menghadapi dunia modern ini. Tampak pada gaya dan perilaku generasi muda yang kurang memiliki daya juang, malas, ingin serba gampang dan hedonis. Tak jarang kita temukan anak muda yang hobi berlama-lama nongkrong di cafe dengan tangan kanan memegang hp dan tangan kiri memegang rokok. Sementara itu para pejabat tak sungkan melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme serta berperilaku tidak adil, yang tentunya menyakiti hati mereka yang kecil dan lemah. 

Prihatin dengan kondisi semacam ini, Team Pendidikan Karakter Untidar melakukan kegiatan Live In – Bakti Sosial Dalam Usaha Meningkatkan Kepedulian Sosial Dalam Rangka Pembinaan Karakter Mahasiswa Untidar. 

"Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap sesama, terlebih yang lemah, miskin, tersingkir dan difabel. Kepedulian terhadap sesama diharapkan mendorong munculnya rasa tanggung jawab untuk memperjuangkan keadilan, kejujuran, dan kebenaran dalam masyarakat yang lebih luas", tutur Dra. MG. Supeni, M.Si selaku Ketua Pelaksana Kegiatan ini. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar wawasan dan pemahaman mahasiswa terhadap berbagai macam kondisi fisik dan psikis manusia semakin luas. "Mahasiswa diharapkan semakin meningkat rasa empati, toleransi dan kasih sayangnya kepada mereka yang kurang beruntung. Kepedulian sosial harus terus dikembangkan, agar mahasiswa tidak hedonis dan hanya mementingkan diri sendiri", tambah Supeni.

Kegiatan Live In dilaksanakan di Panti Wreda Pelkrim Magelang, Panti Asuhan SLBC Rindang Kasih Secang, Balai Rehabilitasi Sosial Tuna Grahita Temanggung, Panti Asuhan Sayap Ibu I Depok Sleman dan Panti Asuhan Sayap Ibu II Kalasan Yogyakarta.

Kegiatan Live In diikuti oleh mahasiswa semester 2 dan 4 yang lolos seleksi. Kegiatan dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu. Selama Program Live-In dijalankan, mahasiswa berkewajiban melayani dan membantu warga panti dengan sebaik-baiknya. Kegiatan Live-In berlangsung mulai tanggal 20 Juli dan berakhir pada 31 Agustus 2015

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY