Mahasiswa Untidar Ikuti Expo KMI di Politeknik Negeri Ambon

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2015 ini menyelenggarakan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) untuk memamerkan sekaligus mempromosikan produk yang dihasilkan para wirausahawan muda mahasiswa yang dilaksanakan di Poltek Negeri Ambon, tanggal 9-13 September 2015.

Tahun ini Untidar berhasil meloloskan mahasiswa untuk mengikuti EXPO KMI bersama dengan 79 Perguruan Tinggi lain se-Indonesia.  Expo KMI bertujuan untuk menampilkan kegiatan kewirausahaan unggulan setiap perguruan tinggi yang lolos seleksi. Produk yang dipamerkan dalam Expo KMI 2015 merupakan barang yang dihasilkan mahasiswa selama mengikuti Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) atau program sejenis pada tahun 2013 dan atau 2014. “Expo KMI 2015 merupakan program Kemenristekdikti [Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi]. Awalnya, setiap perguruan tinggi diminta mengirimkan usulan produk atau program yang akan diikutsertakan dalam Expo KMI. Setelah diseleksi, kami dinyatakan layak ikut serta expo itu,” jelas Hony Kharisma.

3 orang mahasiswa Untidar yaitu Hony Kharisma, Muhammad Iqbal Febriavaldy, dan Wibowo, didampingi oleh 2 orang dosen pembimbing yaitu Dr. Farikhah, M.Pd., dan Dra. Historiawati, M.P, bertolak menuju Ambon tepatnya Politeknik Negeri Ambon untuk memamerkan 3 karya unggulan. Ketiga produk tersebut adalah Durian Petruk Multikaki, Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot 3 in 1) dan Bibit Manggis Sambung Pucuk. TABULAMPOT 3 IN 1 adalah satu tanaman tiga macam varietas yang bisa berbuah lebih cepat.  TABULAMPOT 3 IN 1  merupakan satu pohon yang terdiri dari beberapa varietas tanaman buah yang berbeda. Pecinta tanaman buah pun dapat menikmati berbagai jenis buah hanya dengan menanam dan merawat satu pohon. Tabulampot pun bernilai ekonomis karena harga jualnya yang relatif tinggi. Produk lain yang dipamerkan yaitu Durian Petruk Multikaki memiliki beberapa kelebihan yaitu perakaran lebih kuat, pertumbuhan pohon lebih cepat, hasil produk meningkat, mengurangi resiko kematian tanaman karena busuk dan berbuah lebih cepat. Tabulampot 3 in 1 dan Durian Petruk Multikaki adalah karya kreatif mahasiswa Untidar yang memenangkan hibah PKM Bidang Kewirausahaan di tahun 2014.  Sedangkan Bibit Manggis Sambung Pucuk adalah produk yang dihasilkan oleh Hony Kharisma dkk, yg di tahun 2014 lolos dalam Program Hibah Bina Desa. Melalui program ini Hony dkk memberdayakan wanita tani desa Kaliboto Purworejo agar bisa berwirausaha pembibitan manggis sambung pucuk. 

Expo KMI diadakan tanggal 9 September sd 13 September 2015. Dalam kegiatan ini akan dipilih Stand terbaik dan akan digelar Kewirausahaan Award untuk berbagai kategori. 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY