Mahasiswa Untidar Gali Ilmu Melalui Kopi Tidar

             Selama kuliah, mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri sebaik-baiknya. Selain berkutat dengan kegiatan akademis, perlu juga aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dalam rangka mengembangkan softskill yang dimiliki. Pengembangan softskill bisa didapatkan salah satunya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa. Di Universitas Tidar saat ini ada sekitar 12 Unit Kegiatan Mahasiswa yaitu Resimen Mahasiswa, Mahasiswa Pecinta Alam, Bengkel Seni, Lembaga Pers Mahasiswa, Pramuka, Unit Kegiatan Agama Islam, Unit Kegiatan Mahasiswa Kristiani, UKM Olahraga, Paduan Suara, Pencak Silat, Taekwondo dan Radio Untidar. Mahasiswa bisa memilih UKM sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. 
              Meskipun sudah banyak UKM yang ada, masih banyak ketrampilan yang perlu digali. Berangkat dari pemikiran ini, muncullah ide untuk mendirikan Komunitas Kopi Tidar. Adalah Anendya Enggar Pradipta, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Tidar Semester 1 yang menggagas Kopi Tidar bersama dengan teman teman satu kelompok yang saat itu bersama-sama mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Untidar. 
                Kopi Tidar adalah singkatan dari Komunitas Penggali Ilmu Tidar. Meskipun Penggeraknya adalah mahasiswa Untidar namun tiap kali mengadakan acara, bisa diikuti oleh mahasiswa dari luar kampus Untidar. Sejak 2 Desember 2014, Kopi Tidar rutin mengadakan pertemuan mingguan. Acara biasanya diadakan setiap hari Rabu, membahas tema tertentu dan menghadirkan pemateri yang kompeten di bidangnya. Sampai saat ini sudah 5 kali pertemuan diadakan. Acara selalu dikemas santai tapi serius. Yang dibahas beragam seperti materi Tentang Public Speaking, Orasi, Pidato, Presentasi dll. Arfi salah seorang aktivis Kopi Tidar mengatakan kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan membuatnya tahu banyak hal baru. Materi yang didapat selama pertemuan biasanya memang belum terlalu mendalam. Namun paling tidak cukup memberi gambaran mengenai suatu bidang atau ilmu yang bisa digali lebih dalam lagi sesuai dengan minat masing-masing peserta. Banyak mahasiswa Untidar yang antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Kedepan Enggar yang saat ini menjadi Ketua Kopi Tidar berharap semakin banyak mahasiswa yang mau mengikuti pertemuan yang diadakan, sehingga semakin terbuka wawasannya untuk mengembangkan softskill yang dimiliki yang tentunya akan sangat bermanfaat saat lulus kuliah nanti.  

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY