MAHASISWA FKIP BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MAHASARASWATI KUNJUNGI UNIVERSITAS TIDAR

Senin, 6 April 2015 Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Universitas Mahasaraswati Denpasar berkunjung ke Universitas Tidar. Kunjungan KKL ini bukanlah kali pertama, karena di tahun 2012 Mahasiswa FKIP Universitas Mahasaraswati/UNMAS juga pernah berkunjung ke Untidar. Sekitar 270 mahasiswa, didampingi oleh Dekan dan para dosen Prodi Bahasa Inggris FKIP UNMAS disambut oleh Rektor Untidar Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd di Auditorium Universitas Tidar. Dalam sambutannya Rektor mengatakan bahwa kerjasama antara Untidar dan Unmas sudah terjalin sejak 5 tahun yang lalu. Saling berkunjung dan sharing pengalaman perlu terus dilakukan demi kemajuan bersama. Sementara itu Dekan FKIP Bahasa Inggris UNMAS Prof. Dr. Wayan Maba, M.Pd mengatakan kunjungan kali ini begitu istimewa. Saat dulu berkunjung Untidar masih berstatus PTS dan sekarang sudah berstatus PTN. Tak lupa Prof. Wayan mengucapkan selamat kepada Prof. Cahyo dan seluruh sivitas akademika Untidar atas kegigihan menegerikan Untidar. Selanjutnya, dalam sambutannya Prof. Wayan memotivasi mahasiswa FKIP Untidar dan UNMAS untuk semangat kuliah, dan bersiap menjadi pendidik di masa depan yang cakap dan berdaya saing. Apalagi tahun 2016 sudah mulai memasuki Masyarakat Ekonomi Asean, artinya lulusan harus siap bersaing di kancah global. Acara penyambutan di Auditorium Untidar dibuka dengan tarian Mangastuti persembahan bengkel seni Untidar.

Setelah acara penyambutan, dosen UNMAS dan dosen Untidar berkumpul di ruang multimedia untuk sharing teknis mengenai Borang dan KKNI. sampai saat ini lebih dari 2.000 Program Studi di Perguruan Tinggi di Indonesia belum mendapat nilai akreditasi maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut  maka perguruan tinggi tersebut harus memperbaiki kinerja sehingga mutu, efisiensi, serta relevansi suatu program studi yang diselenggarakan menjadi lebih baik. Perguruan tinggi juga harus meningkatkan kemampuan dalam pengisian instrumen akreditasi sehingga mampu memotret dirinya sesuai dengan kondisi sebenarnya. Terkait dengan KKNI, Rencananya akan diterapkan mulai tahun 2016. KKNI akan menjadi semacam standar penilaian kualitas SDM di Indonesia. KKNI tidak hanya berlaku untuk penilaian standar kualitas SDM di Indonesia, tapi juga tenaga kerja asing yang kerja di Indonesia. Diterapkannya KKNI ini akan menata ulang pendidikan tinggi di Indonesia.  Dengan adanya KKNI maka kurikulum harus menyesuaikan dengan standar level KKNI.

Sementara itu, mahasiswa Untidar mendampingi mahasiswa UNMAS mengunjungi perpustakaan Untidar, Laboratorium Microteaching dan Laboratorium Bahasa.

Acara penutupan berlangsung di auditorium Untidar. Kali ini para penari Universitas Mahasaraswati tampil memeriahkan acara penutupan. Acara diakhiri sekitar pukul 13.00 dengan saling tukar cinderamata.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY